Jangan Tertipu, Begini Cara Membedakan iPhone Original Vs Refurbished

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Bagi Anda yang ingin membeli perangkat iPhone baru harus bisa membedakan iPhone original dan refurbished atau rekondisi. Sebab, di pasaran tidak hanya tersedia perangkat asli saja. Apple memang telah menjual smartphone refurbished.

Dibandingkan iPhone original, harga yang ditawarkan iPhone refurbished atau rekondisi ini lebih murah. Oleh karena itu, iPhone jenis ini cukup diminati. iPhone refurbished atau rekondisi telah diuji dan diperbaiki produsen atau pedagang jika diperlukan.

Dikutip dari Digital Trends, perangkat harus disertai garansi, tapi mungkin tidak memiliki kemasan atau aksesoris asli. Namun, pada dasarnya Anda bisa membedakan iPhone original vs refurbished atau rekondisi ini. Berikut ini cara membedakan iPhone original vs refurbished atau rekondisi sebagaimana dikutip dari Wikihow.

Periksa Nomor Model Perangkat

Mau Beli Apartemen, Teliti Jenis Sertifikatnya!

1. Identifikasi tanda-tanda umum iPhone yang diperbaharui. Anda sering dapat menentukan apakah iPhone refurbished atau tidak hanya dengan mencari tanda-tanda berikut:
- Aksesori usang atau tidak ada
- Lecet atau goresan pada iPhone itu sendiri
- Kurangnya kemasan

2. Buka Setting iPhone
3. Tap General
4. Tap About. Pilihan ini terletak pada bagian paling atas halaman General

5. Lihat apakah iPhone Anda refurbished. Huruf pertama pada nama model akan memberitahu status ponsel:

- M atau P: Ponsel adalah moodel asli
- N: Ponsel Anda refurbished Apple
- F: Ponsel Anda diperbarui operator atau vendor pihak ketiga

Periksa Nomor Serial

1. Pertama-tama pergi ke Settings
2. Lalu pilih General
3. Selanjutnya, tap About
4. gulir ke bawah untuk menemukan bagian Serial Number
5. Gulir ke bagian "Nomor Seri" dan lihat. Anda akan melihat serangkaian huruf dan angka yang tercantum di sini (mis., ABCDEFG8HJ84). Catat kode ini karena Anda akan memasukkannya ke dalam database Apple.
6. Buka situs web Periksa Cakupan Apple. Buka https://checkcoverage.apple.com/ di browser web komputer Anda. Anda dapat mengetikkan nomor seri iPhone Anda ke situs ini untuk melihat apakah sudah diaktifkan sebelumnya atau belum.
7. Masukkan nomor seri iPhone Anda. Ketik nomor seri dari iPhone Anda ke kolom teks di tengah halaman "Periksa Cakupan".
8. Masukkan kode verifikasi. Ketik kode yang tercantum dalam tumpukan ke dalam kotak teks di bawah tumpukan. Kode ini ada untuk memastikan bahwa Anda bukan program jahat
9. Klik Lanjutkan. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman diagnostik iPhone.
10. Tinjau status iPhone Anda. Jika ponsel baru, Anda akan melihat sesuatu seperti "Ponsel ini belum diaktifkan" di bagian atas halaman.

 


(ADI)

Berita Terkait