Langka, Mobil Porsche 911 RSR Koleksi Gembong Narkoba Pablo Escobar Dilelang Rp12 Milliar

Penempakan Porsche 911 Carrera 3.0 RSR IROC model 1974 milik gembong narkoba Pablo Escobar (Foto / Autoblog) Penempakan Porsche 911 Carrera 3.0 RSR IROC model 1974 milik gembong narkoba Pablo Escobar (Foto / Autoblog)

SURABAYA : Mobil Porsche 911 koleksi gembong narkoba terbesar di dunia Pablo Escobar dilelang di situs online. Mobil yang dijual di situs Collecting Cars ini adalah Porsche 911 Carrera 3.0 RSR IROC model 1974. Mobil tersebut memiliki sejarah panjang.

Sebelum jatuh ke tangan Escobar, mobil ini sempat digunakan dalam ajang balapan mobil bergengsi. Perlombaan ini diikuti adalah International Race of Champions (IROC). Dilansir dari Autoblog, Kamis 7 Oktober 2021, istimewanya mobil tersebut ditunggangi juara Formula One (F1) Emerson Fittipaldi di musim pertama.

Setelah kompetisi tersebut selesai, 911 ini dibeli mantan pembalap asal Amerika, Roger Penske. Namun tidak berlangsung lama, Penske menjual mobil tersebut ke John Tunstall seorang pembalap profesional. Mobil ini juga sempat dilombakan kembali dalam ajang balapan Daytona 24 Jam dan Sebring 12 Jam.

Baca Juga : Bugatti Bolide Dinobatkan Hypercar Terindah di Dunia, Ini Alasannya

John Tunstall lalu menjualnya ke gembong narkoba, Escobar, meski tidak begitu jelas dan detail mekanisme penjualannya seperti apa. Sejak mobil itu jatuh ke tangan Escobar mobil ini mendapatkan sentuhan bodywork 935. Namun setelah Escobar meninggal dunia, mobil 911 ini dikonversi kembali ke spesifikasi IROC aslinya persis dengan mobil model pembalap Emerson Fittipaldi.

Mobil ini diguyur dengan Cat Sahara Beige yang menampilkan warna cerah baru. Ini setelah kendaraan tersebut direstorasi sepenuhnya pada 2007. Porsche 911 RSR dibekali mesin Flat-six 3.0 dengan spesifikasi balap, disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan dengan penggerak belakang.

Mobil Escobar tersebut telah mendapatkan penawaran sebesar 850.500 dolar AS atau sekitar Rp12 milliar. Diperkirakan harga ini akan terus melonjak hingga lelang selesai.

 


(ADI)

Berita Terkait