Kehebatan Nala Orca, Kapal Perang Cepat Tak Berawak Rancangan ITS

Rektor ITS, Mochammad Ashari menyemagati tim yang akan mengikuti Kontes Kapal  Cepat Tak Berawak. (metrotv) Rektor ITS, Mochammad Ashari menyemagati tim yang akan mengikuti Kontes Kapal Cepat Tak Berawak. (metrotv)

SURABAYA: Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) merancang prototipe kapal perang cepat tak berawak. Kapal selam diperlengkapi senjata rudal ini  diklaim mampu melaju hingga tujuh knot.

Kapal selam bernama Nala Orca ini merupakan satu dari enam kategori yang diikutkan dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional yang akan digelar di Universitas Muhammadiyah Malang, 21 hingga 24 Oktober 2021.

"Dengan kecepatan hingga tujuh knot dan peluncur misil, Nala Orca mampu melewati lintasan yang telah ditentukan dan menembakkan torpedo ke sasaran yang telah ditentukan, " ujar Rayhan Damar Ramadhan, Ketua Tim Barunastra ITS.

BACA: Sulap Limbah Kulit Ikan Patin Jadi Keripik, Omzet Tembus Rp 30 Juta

Dalam ajang nasional ini, ITS menyiapkan sembilan tim yang dibagi dalam enam kategori.  Enam kategori itu terbagi menjadi  divisi prototipe kapal dengan kategori autonomous submarine surface vehicle (ASSV) dan fuel engine remote control (FERC) yang diikuti dua tim dari Barunastra ITS dan electric remote control (ERC) dari tim DNA Hydrone ITS.

Di divisi desain, pada kategori desain kapal selam diikuti tim Banyubramanta, Tim DNA Osten, dan Tim Nawasena. Kemudian, pada kategori desain kapal lepas pantai ada Tim Nawasena dan tim DNA Hydrone. Terakhir, pada kategori kapal laut lepas diikuti satu tim perwakilan Nawasena.

Rektor ITS, Mochammad Ashari memberikan dukungan pembekalan dan semangat kepada para tim yang akan bertanding. Tim Barunastra ITS diharapkan mampu mempertahankan juara internasional selama empat tahun berturut-turut.

"Kita harus optimis untuk bisa meraih juara pertama sesuai yang ditargetkan, " tandasnya.

 


(TOM)

Berita Terkait