Investor Mundur, Proyek Jalan Tol Malang-Kepanjen Tak Jelas

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

MALANG : Rencana pembangunan jalan Tol Malang-Kepanjen tidak jelas. Pasalnya investor yang sedianya membangun tol dari Kota Malang menuju ibu kota Kabupaten Malang itu memilih mundur dan mengembalikan rencana tersebut ke pemerintah pusat.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang Tomie Herawanto mengatakan, semula pembangunan tol ini bakal dikerjakan oleh PT PP selaku BUMN yang bergerak di bidang pelayanan jasa dan investasi. Namun, perusahaan pelat merah itu melakukan evaluasi trase, serta mengembalikan ke pemerintah pusat.

Trase merupakan garis yang menggambarkan pola alinemen vertikal dan horizontal jalan pada peta topografi. Setelah itu dianalisis sesuai dengan standar perancangan geometrik jalan, fungsi jalan, klas jalan, dan apakah jalan tersebut dibangun di dalam kota maupun luar kota.

"Belum jelas, mestinya sekarang sudah proses. Contohnya dulu pemrakarsanya BUMN PT PP itu, tapi mundur dikembalikan ke pemerintah pusat. Itu bisa dikatakan nggak jelas," ucap Tomie, Senin 6 Maret 2023.

baca juga : Pria di Surabaya Tewas Usai Tabrakkan Diri ke Kereta Api

Dari pengembalian itu, kemungkinan besar akan ada perubahan pola dan perubahan trase yang tentu berimbas pada perubahan anggaran biayanya. Hal inilah yang memungkinkan nasib pembangunan Tol Malang-Kepanjen ini dipastikan belum bisa dimulai pembebasan lahan di tahun 2023 ini.

"Kalau trase berubah, bisa jadi costnya juga akan berubah, itu kan berkaitan. Dan kami juga sudah diskusi memang itu dimungkinkan akan mundur, memulainya dan target penyelesaiannya," tuturnya.

Padahal, sesuai rencana, pembebasan lahan untuk tol itu bakal dimulai tahun 2023 ini dan pada 2024 mendatang dimulai pembangunan tahap awal. Namun jika saat ini di fase trasenya sudah berubah-ubah dipastikan akan mempengaruhi proses berikutnya, termasuk pembebasan lahan.

"Masih belum tahu mulai kapan, rencananya tahun ini pembebasan lahan, otomatis mundur, hari ini trase masih berubah-ubah," katanya.

Diketahui, Jalan Tol Malang-Kepanjen bakal menjadi bagian dari integrasi Jalan Tol Trans Jawa, terutama setelah ruas Tol Surabaya-Malang telah tersambung. Rencananya tol ini akan tersambung dari pintu Tol Malang di Kelurahan Madyopuro, Kota Malang hingga Kepanjen Tak hanya itu, tol ini digadang-gadang tersambung juga hingga ruas Tol Kepanjen-Blitar-Tulungagung dan ruas Tol Kediri-Tulungagung.

 


(ADI)

Berita Terkait