Ratusan Pelajar Surabaya Ikuti Program Pelestarian Lingkungan Tunas Hijau

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyerahkan penghargaan kepada para pemenang Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup tahun 2022 di Balai Kota Surabaya, Rabu (28/9/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya) Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyerahkan penghargaan kepada para pemenang Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup tahun 2022 di Balai Kota Surabaya, Rabu (28/9/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Ratusan pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Surabaya mengikuti program pemilihan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup sebagai bentuk upaya pelestarian lingkungan. Program tersebut diinisiasi organisasi lingkungan hidup Tunas Hijau.

"Program ini sudah berjalan sejak tahun 2002. Khusus tahun ini, diikuti oleh 932 orang peserta yang berasal dari sekolah SD dan SMP se-Surabaya," kata Presiden Tunas Hijau Muhammad Zamroni, dilansir dari Antara, Kamis, 29 September 2022. 

Pengumuman pemenang juara dari 58 orang finalis Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup tahun 2022 dilakukan di Balai Kota Surabaya pada Rabu, 28 September 2022.  Saat itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyerahkan langsung penghargaan kepada para pemenang.

Zamroni berharap program ini dapat meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya pelestarian lingkungan. "Kami perlu sampaikan bahwa ini bukanlah akhir, ini hanya halte, ini hanya transit, karena perjuangan pelestarian lingkungan hidup harus terus ditingkatkan dan digiatkan lagi ke depannya," ucap dia. 

Sementara itu, Wali Kota Eri Cahyadi meminta  para peserta yang mengikuti program ini dapat mengajak teman-teman dan masyarakat sekitar peduli lingkungan. Ia berharap seluruh Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup terpilih dapat terus mengembangkan karyanya dan tidak berhenti setelah penganugerahan ini.

Berikut daftar pemenang anugerah  Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup ini:

Pangeran Lingkungan Hidup 2022 kategori SMP

Juara 1: Gilbert Matthew Carnelis (SMPN 3 Surabaya)

Juara 2: Ghazi Nevan Rasydan (SMPN 26 Surabaya)

Juara 3: Naufal Suma Azizi (SMPN 17 Surabaya).

Pangeran Lingkungan Hidup kategori SD

Juara 1: Andrew Ionesta (SDN Ketabang I)

Juara 2: Bhre Bhawana Praja Kawula (SDN Pacarkeling V)

Juara 3: Husnu Alkaisar Jabbar Tuhardi (SDN Kaliasin I)

Puteri Lingkungan Hidup 2022 kategori SMP

Juara 1: Fildza Ghassani Andias (SMPN 6)

Juara 2: Viorenza Aulia Adiyatama (SMPN 40)

Juara 3: Tanaya Aprilia Giofian dari (SMPN 22)

Puteri Lingkungan Hidup kategori SD

Juara 1: Aurellia Putri Astadewi (SDN Kaliasin I)

Juara 2: Queen Anneysa Kabeer Lukito (SDN Ketabang I)

Juara 3: Verlita Anggraini Putri (SDN Rungkut Menanggal I).

BACA:Mahasiswa Unusa Padukan Tas Bambu dan Batik, Ramah Lingkungan Serta Nyentrik


(SUR)