Cegah Covid-19 Jenis Omicron, Bandara Juanda Perketat Pengawasan

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Bandara Juanda menutup penerbangan internasional hingga batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini untuk mengantisipasi covid-19 jenis Omicron. Selain itu upaya pengetatan juga diberlakukan untuk penerbangan domestik, terutama menjelang libur Natal dan tahun baru 2022.

Humas PT Angkasa Pura 1 Surabaya, Yuristo, mengatakan, penutupan penerbangan Internasional berlaku sejak pertengahan September lalu. Bahkan, sejak munculnya varian covid-19 Omicron, pengawasan juga diperketat, terutama jelang Natal dan tahun baru.

Yuristo mengatakan, penutupan terminal Internasional di Bandara Juanda Surabaya mengacu pada ketetapan peraturan Kementerian Perhubungan tentang Pembatasan Penerbangan Internasional. "Di Juanda ini ada delapan rute penerbangan Internasional yang dilayani 12 masakapai. Semuanya tutup karena covid-19," katanya.

Baca Juga : Tewas Tenggak Racun Dekat Makam Ayahnya, Mahasiswi di Mojokerto Diduga Putus Cinta

Selain menutup terminal Internasional, pihak bandara juga memperketat pengawasan penerbangan domestik melalui terminal 1. Hal ini untuk mengantisipasi masuknya covid-19 jenis Omicron serta kemungkinan lonjakan covid-19 gelombang 3 jelang libur Natal dan tahun baru.

"Pengawasan kami perketat untuk semua penumpang, terutama untuk pemeriksaan dokumen kesehatan, mulai dari surat vaksin hingga surat bukti bebas covid-19 melalui hasil tes swab antigen dan tes swab PCR. Pemeriksaan ini berlaku bagi yang akan terbang maupun yang baru datang," katanya.

 


(ADI)

Berita Terkait