Jutaan Ubur-ubur Serbu Perairan Probolinggo, Pertanda Apa?

Penampakan ubur-ubur di perairan Probolinggo/metrotv Penampakan ubur-ubur di perairan Probolinggo/metrotv

PROBOLINGGO: Sejak dua minggu terakhir, jutaan ubur-ubur mendatangi perairan Kota Probolinggo. Fenomena tahunan ini menjadi daya tarik bagi pengunjung. Namun masyarakat yang beraktifitas di laut dihimbau untuk tetap berhati – hati.

Kawanan ubur-ubur ini terlihat memenuhi 2 pelabuhan yang ada di Kota Probolinggo.  Tak hanya di area parkir kapal, ubur-ubur ini juga terlihat di area tempat pengunjung biasa berendam di pelabuhan.

Tak hanya terlihat berkoloni, ubur - ubur yang memenuhi perairan Probolinggo ini kadang juga terlihat berenang sendiri dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Sontak pemandangan laut yang awalnya berwarna biru menjadi bervariasi  warna putih.

BACA: Waspada! Banjir Rob Ancam Pesisir Pantai Jatim, 12-20 Mei

Fenomena tahunan ini diketahui karena ubur-ubur sedang mencari perairan hangat. Selain itu, sumber makanan ubur-ubur ini yakni plankton sedang melimpah di perairan Probolinggo. Sehingga tak hanya ribuan, namun jutaan ubur-ubur mendatangi perairan Probolinggo.

"Ubur - ubur ini sudah terlihat sejak dua  minggu yang lalu.  Tetap bisa memancing, tapi harus hati - hati karena takut kail bisa mengenai ubur-ubur, " ujar Diyak, pemancing.

Sementara KBP Satpolair Polres Probolinggo, Iptu I Ketut Alit, menghimbau kepada masyarakat yang beraktifitas di laut untuk berhati - hati.

"Jenis ubur - ubur  tertentu memiliki racun dan bisa mengakibatkan gatal - gatal jika mengenai kulit, " pesannya.

 


(TOM)

Berita Terkait