5 Keindahan di Balik Cerita Seram Alas Purwo

Savana Sadengan (ist) Savana Sadengan (ist)

BANYUWANGI: Jika mendengar Alas Purwo, tentu yang terbayang pertama cerita menyeramkan berbau mistis. Namun bagi yang sudah pernah ke sana, kisah-kisah seram tak berlaku lagi. Yang ada hanya keindahan  yang mengasyikkan. Lho?

Taman Nasional Alas Purwo ada di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di wilayah Kecamatan Tegaldimo serta Kecamatan Purwoharjo. Luas taman nasional ini lebih dari 44 ribu hektare. Menariknya, ada enam jenis ekosistem yang bisa kamu temukan di sini, yakni hutan bambu, mangrove, hutan alam, hutan tanaman, padang rumput, serta hutan pantai.

1.       Savana Sadengan

Savana Sadengan terdiri dari padang rumput yang sangat indah. Di sini, kamu akan merasakan sensasi seperti sedang ada di Padang Serengeti di Afrika. Selain bisa menikmati padang rumput yang luas, kamu bisa melihat kawanan rusa, banteng jawa, hingga burung merak yang bebas berkeliaran di sana.

Tapi, kalau kamu ingin melihat burung merak, sebaiknya tiba pagi-pagi usai matahari terbit, tepatnya sekitar pukul 06.00 hingga 09.00. Kalau mau melihat kawasan rusa dan banteng Jawa, datang saja di sore hari sekitar pukul 15.30 sampai matahari tenggelam.

2.       Pantai Ngagelan
Nggak hanya pemandangan indah khas pantai, di Pantai Ngagelan kamu bisa melihat sejumlah penyu yang bertelur di sana. Jenis penyu yang bertelur bahkan bervariasi, dari penyu belimbing, penyu hijau, penyu sisik, hingga penyu lekang.

Kalau mau melihat hewan eksotis ini bertelur, datang deh di musim kemarau, atau sekitar Mei sampai September.

3.       Pantai Trianggulasi

Nggak hanya berhiaskan pasir putih dan deburan ombak yang memanjakan mata, Pantai Trianggulasi juga menawarkan keindahan lainnya. Di pantai yang cenderung sepi ini, kamu bisa saja melihat sekawanan rusa yang bermain di pinggir laut jika sedang beruntung. Kayaknya sangat menarik, ya?

4.       Hutan Mangrove Bedul

Tahu nggak, hutan mangrove Bedul ini adalah yang paling luas di Pulau Jawa? Di sana, kamu bisa menikmati hutan yang masih alami dengan melewati semacam jembatan kayu yang cukup panjang. Kalau mau berkeliling, kamu harus menyewa perahu milik nelayan lokal.

5.       Pura Luhur Giri Salaka

Kalau kamu mau ke Pantai Trianggulasi, pasti bakal melewati Situs Kawitan. Situs ini adalah peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Hingga sekarang, situs ini masih dipakai untuk upacara keagamaan. Nah, di sebelahnya juga ada Pura Luhur Giri Salaka yang juga jadi tempat ibadah umat Hindu.

Jadi, kapan nih berwisata ke Alas Purwo?


(TOM)

Berita Terkait