Surabaya Booming Bersepeda, Lajur Khusus Malam Disiapkan di Tunjungan

Sejumlah lajur khusus sepeda di Surabaya diperlebar. (foto/metrotv)  Sejumlah lajur khusus sepeda di Surabaya diperlebar. (foto/metrotv)

SURABAYA:  Penggemar sepeda di Surabaya kini bisa bergembira. Sebab, lajur khusus malam hari sudah disediakan sepanjang Jalan Tunjungan. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat, di Surabaya, Minggu, mengatakan untuk menertibkan dan melindungi para pesepeda dari kendaraan bermotor, pihaknya telah menambah lebar lajur khusus sepeda.

"Sejak Sabtu malam, penambahan lajur khusus sepeda ini disiapkan di sepanjang Jalan Tunjungan Surabaya.  Namun warga yang bersepeda agar tetap menjaga protokol kesehatan selama pandemi Covid-19, " kata Irvan.

Irvan menjelaskan penambahan lebar lajur khusus sepeda ini disiapkan agar pesepeda bisa lebih tertib dan aman saat berkendara. Sebab, kata dia, melihat fenomena saat ini, bersepeda pada Sabtu malam menjadi trend baru di Kota Surabaya.

"Biasanya Sabtu malam volume bersepeda meningkat. Nah, supaya mereka aman kita buat traffic cone, agar mereka terlindungi dan terpisah dari kendaraan bermotor," ujarnya.

Meski sebelumnya lajur khusus sepeda ini telah disediakan, lanjut Irvan,  namun volume bersepeda meningkat saat Sabtu malam.Untuk itu, Dishub bersama Polrestabes Surabaya menambah lebar lajur khusus bersepeda ini khusus Sabtu malam di sepanjang Jalan Raya Tunjungan.

Tidak hanya itu, kata dia, pihaknya juga menyiapkan lajur khusus bagi warga yang suka bersepeda pada Minggu pagi di Jalan Raya Darmo.

"Kita ingin keselamatan bersama, karena trendnya yang lagi booming ini, terus satu lajur yang sebelumnya kita siapkan itu tidak cukup," katanya.
 


(TOM)

Berita Terkait