Gol Berkelas Hokky Bawa Timnas Indonesia Tekuk Suriah

Hokky Caraka/ist Hokky Caraka/ist

UZBEKISTAN: Tim Nasional U-20 Indonesia meraih kemenangan penting atas 1-0 Suriah, pada matchday ke-2 penyisihan Grup A Piala Asia U-20 2023 di Stadion Lokomotif, Taskhent, Uzbekistan, Sabtu 4 Maret 2023.

Gol semata wayang Indonesia terjadi pada menit 34 lewat tendangan  berkelas Hokky Caraka. Kemenangan ini membuka peluang Indonesia untuk lolos ke babak delapan besar setelah di laga perdana kalah dari Irak 0-2.

Babak pertama, hingga 15 menit laga berjalan, permainan kedua tim relatif seimbang. Suriah mengandalkan pergerakan dari sisi lapangan untuk kemudian mengangkat bola ke jantung pertahanan Indonesia.

Sementara Skuat Garuda Nusantara mengandalkan bola direct langsung ke depan, dengan target ke arah duet striker Ronaldo Kwateh dan Hokky Caraka.

Percobaan pertama anak asuh Shin Tae-yong dilakukan Kakang Rudianto pada menit 20. Sayang, upayanya masih jauh dari target.

BACA: Balita di Surabaya Meninggal dalam Kamar Hotel, Tersedak Obat?

Suriah membalas semenit kemudian lewat Mustafa Abdullatif. Beruntung bola sepakannya masih lemah dan tepat di tangkapan kiper Daffa Fasya.

Dzaky Asraf mengancam lewat sepakan keras kaki kanan menit 23. Sayang, bola sepakan kerasnya masih sedikit melenceng dan hanya mengenai jala samping gawang Maksim Sarraf.

Anak asuh Mark Votte lebih mendominasi lini tengah. Namun Skuat Garuda Nusantara bisa mengimbangi. Lini tengah yang dihuni Hugo Samir yang menggantkan Ferdiansyah menit ke 13, membuat lini tengah Indonesia berisi petarung.

Menit 34, Skuat Garuda Nusantara unggul lewat gol Hokky Caraka. Menerima umpan direct Hugo Samir dari jauh, Hokky yang menerima bola di sisi kiri pertahanan Suriah sukses melepaskan diri dari bek Suriah.

Mendekati kotak terlarang, Hokky Caraka melepaskan tendangan kaki kiri terukur. Bola masuk tanpa bisa dicegah Sarraf. Skor 0-1 untuk Indonesia.

Menit 43, Suriah mendapat kans menyamakan kedudukan. Beruntung, bola tendangan keras Mustafa Abdullatif masih bisa diblok Daffa Fasya. Hingga turun minum, skor 0-1 bertahan untuk keunggulan Indonesia atas Suriah.

Babak kedua, Suriah yang tertinggal dari Indonesia berinisiatif menyerang untuk menyamakan skor. Menit 54, Mahmoud Nayef melakukan tendangan efek dari luar kotak penalti. Beruntung, bola masih membentur tiang gawang.

Giliran Hozan Osman mengancam gawang Daffa Fasya pada menit 65. Sayang, bola masih menyasar samping gawang Timnas U-20 Indonesia.

Pada 15 menit terakhir, Suriah terus mengepung pertahanan Skuat Garuda Nusantara demi mencari gol balasan. Namun belum ada peluang yang menjadi gol.

Hugo Samir mendapat peluang lewat sepakannya pada menit 92. Mendapat umpan Rabbani Taslim, anak dari Jacksen F Thiago melepaskan sepakan kaki kanan, sayang masih melenceng.

Suriah nyaris mendapat gol penyama kedudukan di menit-menit akhir. Beruntung, Indonesia memiliki kiper Daffa Fasya yang refleknya menggagalkan bola masuk ke gawangnya.

 


(TOM)

Berita Terkait