Menjelajah Pulau Terkecil di Dunia, Luasnya Hanya 0,5 Hektare

Pulau Simping (Foto / Istimewa) Pulau Simping (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Pulau Simping adalah salah satu pulau terkecil di Indonesia, yang terletak di Singkawang, Kalimantan Barat. Pulau ini menjadi istimewa karena bukan hanya pulau terkecil di Indonesia, tapi juga pulau terkecil di dunia. Luas dari pulau ini hanyalah 0,5 hektare dan dikelilingi lautan, yang menjadi bagian dari Teluk Mak Jantu.

Pulau Simping dulunya terkenal dengan nama pulau Kelapa Dua. Mulanya pulau ini berpenghuni, sampai akhirnya mengalami abrasi dan ditinggalkan oleh penduduknya.
Pulau Simping mendapat predikat pulau terkecil di dunia dan telah diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pulau Terkecil di Dunia

Pulau Simping menawarkan panorama pantai dan laut yang indah dengan pepohonan yang berjajar asri dan menyejukkan mata. Pasir yang lembut dan bebatuan besar, melengkapi keindahan pulau ini. Perairan di pulau ini cukup dangkal dan tenang, sehingga cocok dijadikan tempat untuk bermain air atau sekadar bersantai-santai. Saat menjelajahi pulau kecil ini, Anda akan menemukan klenteng yang biasanya digunakan umat Tionghoa untuk beribadah.

baca juga : Kampung Unik di Buleleng, Semua Warga Berbicara Pakai Bahasa Isyarat

Mak Jantu

Tak jauh dari Pulau Simping, sekitar 100 meter saja ada pulau kecil lain yang memiliki atraksi ikonik bernama Mak Jantu. Di desa ini ada wisata bahari dan Batu Burung. Batu Burung merupakan batuan raksasa yang berada di tengah laut. Dikutip dari Jadesta Kemenparekraf, penamaan Batu Burung konon berasal dari Batu tersebut yang dulunya merupakan tempat istirahat Burung-burung camar atau burung laut lainnya.

Awalnya batu burung adalah tempat bagi masyarakat Desa Teluk Mak Jantu untuk menjemur terasi, atau makanan olahan laut lain, serta tempat yang strategis untuk para pemancing.

Cara Menuju ke Pulau Simping

Untuk menjangkau Pulau Simpung, hanya menempuh waktu sekitar 20 menit dari Kota Singkawang menuju Pantai Teluk Mak Jantu. Jika dari arah Pontianak, membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 Jam perjalanan menuju ke arah Kota Singkawang.

baca juga : Mengintip Kecanggihan Rumah Bill Gates, Lantai Miliki Sensor Mendeteksi Keberadaan Orang

 


(ADI)

Berita Terkait