Meresahkan, Buaya Muara Ditangkap Warga

Petugas mengukur panjang buaya muara yang ditangkap warga/metrotv Petugas mengukur panjang buaya muara yang ditangkap warga/metrotv

KEDIRI: Seekor buaya muara sepanjang 2 meter berhasil ditangkap oleh warga Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kini buaya tersebut diamankan oleh  resort konservasi wilayah 01 Kediri BKSD Jatim.

Penangkapan ini bermula ketika buaya berusia sekitar tiga tahun tersebut muncul di sungai yang berdekatan dengan permukiman warga. Karena meresahkan, warga berinisiatif melakukan upaya penangkapan dengan memasang perangkap.

Namun sayangnya buaya yang kerap terlihat berjemur tak kunjung masuk perangkap. Hingga akhirnya berhasil ditangkap bersama-sama oleh warga, Rabu 12 April 2023.

BACA: Penyuluh Pertanian Asal Blitar Tewas Disambar Kereta di Probolinggo

Kepala Resort Konservasi Wilayah 01 Kediri BKSA Jatim, David Fathurohman mengatakan, penangkapan buaya ini merupakan yang kedua. Sebelumnya pada Maret tahun lalu di tempat yang sama, warga juga pernah menangkap buaya.  

Belum diketahui secara pasti dari mana asal buaya tersebut.  Pasalnya, jika dilihat dari lokasinya sungai tersebut bukan merupakan habitat alami buaya karena dekat dengan permukiman warga.

"Kemungkinan buaya tersebut dari milik masyarakat yang terlepas atau sengaja di lepaskan. Diduga masih ada lagi dan lebih dari satu ekor buaya yang belum tertangkap, " ujar David.  

Rencananya, buaya tersebut akan di rehabilitasi di BKSD Jawa Timur hingga nantinya akan dilepas liarkan ke habitat aslinya.

 


(TOM)

Berita Terkait