Berakhir 1-1, Indonesia Ditahan Imbang 10 Pemain Thailand di Piala AFF 2022

Duel Timnas Indonesia dan Thailand di Piala AFF 2022 (Foto / Istimewa) Duel Timnas Indonesia dan Thailand di Piala AFF 2022 (Foto / Istimewa)

SURABAYA :  Laga panas yang mempertemukan juara bertahan AFF, Timnas Thailand melawan Timnas Indonesia berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Kamis 29 Desember 2022. Indonesia harus rela berbagi angka dengan Thailand pada laga lanjutan fase grup A Piala AFF 2022 dengan skor akhir 1-1.

Pada laga ini, Fachrudin Aryanto CS dan kolega sejatinya unggul lebih dulu lewat penalti Marc Klok. Tim Garuda, julukan Indonesia, unggul jumlah pemain usai satu pemain Thailand, Sanrawat Dechmitr, mendapat kartu merah saat menit ke-62. Namun, kans itu tak mampu dimaksimalkan Indonesia. Mereka justru kebobolan di menit ke-79.

Hasil ini membuat Indonesia berada di peringkat kedua klasemen Grup A Piala AFF 2022 dengan torehan tujuh poin dari tiga laga. Indonesia hanya kalah selisih gol dari Thailand yang berada pada posisi pertama klasemen.

Jalannya Pertandingan

Timnas Indonesia sebenarnya mampu mendapat peluang emas di awal babak pertama. Namun, peluang yang bermula dari kerjasama Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman itu masih mampu dihalau oleh kiper lawan, Kittipong Phoothawchuek.

baca juga : Tiket Indonesia Vs Thailand Ludes Terjual, Stadion GBK Bergetar!

Anak asuh Shin Tae-yong (STY) terus menyerang sampai menit ke-10. Namun, setelah itu, Thailand mengambil alih penguasaan bola. Skuad berjulukan Gajah Perang tersebut pun mendapat percobaan tembakan pertama lewat tandukan dari Bodin Phala saat laga berjalan 22 menit.

Beruntung, sundulan Bordin melambung di atas gawang Nadeo Argawinata sehingga belum mengubah kedudukan masih sama kuat 0-0. Indonesia yang tampil di bawah tekanan sempat menciptakan beberapa peluang, salah satu yang paling berbahaya terjadi di menit ke-39.

Witan Sulaeman merebut bola dari kiper Kittipong Phoothawchuek. Witan sejatinya hanya tinggal mengarahkan bola ke gawang Thailand yang sudah kosong. Namun sayang, Witan tampak kurang tenang saat menyontek bola. Dia melewatkan peluang emas yang berpotensi besar mengubah kedudukan.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Indonesia mengambil inisiatif serangan. Hasilnya langsung terlihat usai Asnawi menusuk sampai ke area penalti Thailand. Di dalam kotak penalti, Asnawi Mangkualam melancarkan sepakan kaki kiri yang kemudian mengenai tangan kapten Thailand, Theerathon Bunmathan.

Wasit menunjuk titik putih, Marc Klok maju sebagai algojo sukses membawa Indonesia unggul 1-0 di menit ke-50. Gol itu menjadi keuntungan bagi timnas Indonesia yang tampil di depan puluhan ribu penonton.

Indonesia semakin berada di atas angin usai pemain Thailand yang baru masuk di awal babak kedua, Sanrawat Dechmitr, mendapat kartu merah. Thailand bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-62 setelah Dechmitr melanggar keras Saddil Ramdani.

Namun, gawang yang dikawal Nadeo harus kebobolan di menit ke-79. Pemain Thailand mampu memaksimalkan kesalahan di lini pertahanan Indonesia. Sarach Yooyen melepaskan tendangan jarak jauh yang tak bisa diantisipasi Nadeo Argawinata.

Saat tayangan ulang nampak bola hasil sepakan Sarach Yooyen berubah arah usai terkena kaki pemain Indonesia yang membuat Nadeo mati langkah. Tidak ada gol lain yang tercipta. Laga Indonesia kontra Thailand berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

 


(ADI)

Berita Terkait