Pemprov Jatim Sediakan 1 Feri Mudik Gratis untuk Warga ke Sumenep

Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono bersama Bupati Situbondo Karna Suswandi memotong untaian bunga dalam rangka memberangkatkan kapal feri mudik gratis di Pelabuhan Jangkar, Situbondo pada Selasa (1/4/2024). (ANTARA/Novi Husdinariyanto) Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono bersama Bupati Situbondo Karna Suswandi memotong untaian bunga dalam rangka memberangkatkan kapal feri mudik gratis di Pelabuhan Jangkar, Situbondo pada Selasa (1/4/2024). (ANTARA/Novi Husdinariyanto)

Situbondo: Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur Bobby Soemiarsono menyiapkan satu unit kapal feri untuk mudik gratis masyarakat. Kapal mengangkut penumpang dari Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura.

Pemprov Jatim bersama Bupati Situbondo Karna Suswandi melepas keberangkatan kapal KMP Wicitra Dharma I pada Selasa, 4 April 2024. Bobby mengatakan angkukan gratis ini bentuk bantuan meringankan beban masyarakat untuk bermudik.

"Tentunya program mudik gratis Pemprov Jatim ini untuk membantu meringankan beban masyarakat pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri," kata Bobby dikutip dari Antara, Selasa, 4 April 2024.

Kapal akan mengangkut pemudik secara gratis untuk rute perjalanan Jangkar-Raas pergi pulang pada 2, 4, 6, dan 8 April 2024. Setelah Lebaran pun akan tetap diadakan, pada 23, 25, dan 27 April 2024. Kapal ini dapat menampung 250 penumpang dan 150 sepeda motor sekali perjalanan.

"Jadi, ada tujuh trip atau tujuh kali keberangkatan (PP) mudik dan balik gratis pada momentum Lebaran tahun ini. Total yang bisa diangkut pemudik 3.500 orang penumpang, dan sepeda motor 2.100 unit,” ucap Bobby.

Pelepasan keberangkatan kapal ini dihadiri oleh pejabat Dinas Perhubungan Jatim, Dinas Perhubungan Situbondo, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang, dan lainnya. Bupati Situbondo Karna Suswandi pun mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jatim atas fasilitas mudik gratis ini bagi masyarakat.

"Terima kasih kepada Gubernur Jatim, karena program mudik/balik gratis ini menjadi agenda tahunan, tentu ini juga membantu masyarakat Situbondo yang akan mudik ke Raas," ucap Karna.


(SUR)

Berita Terkait