Diduga Puntung Rokok Santri, Gudang Kitab Pesantren di Malang Terbakar

Petugas mencoba memadamkan api yang membakar gudang penyimpanan kitab di Malang (Foto / Istimewa) Petugas mencoba memadamkan api yang membakar gudang penyimpanan kitab di Malang (Foto / Istimewa)

MALANG : Gudang kitab Pondok Pesantren Raudhlatul Muksini di Desa Kuwolu, Kecamatan Bululawan, terbakar, Senin 29 Mei 2023. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut, namun dugaan sementara akibat puntung rokok milik santri yang jatuh.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang Sigit Yuniarto menyatakan, pihaknya menerima informasi adanya kebakaran sekitar pukul 14.10 WIB. Kemudian petugas mengirimkan tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar). "Yang terbakar gudang kitab Alumni Ponpes Roudhlotul Muksinin seluas 4 x 4 meter," terangnya.

Setelah melakukan upaya pemadaman oleh petugas kebakaran dibantu oleh kepolisian, TNI, dan relawan, api berhasil padam sejam kemudian pada Ponpes yang diasuh oleh KH. Suadi. "Api padam sekitar pukul 14.50 WIB," ujarnya.

baca juga : 2 Bayi Singa Afrika Lahir di Kebun Binatang Surabaya, Diberi Nama Bima dan Dona

Setelah ditelusuri dan keterangan sejumlah saksi, kebakaran diduga berasal dari puntung rokok yang menyala di kasur. Rokok itu dinyalakan oleh salah seorang santri yang kemudian membakar kasur dan menghanguskan seisi gudang. "Untuk korban jiwa dan korban luka nihil. Tapi kerugian ditaksir mencapai Rp10 juta," ujarnya.

 


(ADI)

Berita Terkait