Dramatis! Tekuk AS, Duet Pemanah Jatim Tembus Perempat Final Olimpiade Tokyo

Riau Ega Riau Ega

TOKYO: Duet pemanah Indonesia asal Jawa Timur, Diananda Choirunisa dan Riau Ega Agatha berhasil melaju perempat final panahan beregu campuran di Olimpiade Tokyo.  

Pada laga yang digelar Sabtu, 24 Juli, Diananda dan Ega menang dramatis atas wakil Amerika Serikat yang juga unggulan kedua, Brady Ellison dan Mackenzie Brown dengan skor tipis 5-4.

Pada dua set pertama, Diananda dan Ega tampil gemilang. Mereka mencatatkan 37 poin, sedangkan Ellison dan Brown hanya mampu meraih 34 angka.

Pada set kedua, Ega dan Diananda juga unggul setelah mencatatkan 36 poin. Sementara Ellison dan Brown hanya mampu mengumpulkan 33 poin.

BACA: Penembak China Rebut Emas Pertama Olimpiade Tokyo

Namun  Ellison dan Brown yang menjadi unggulan kedua bangkit pada set ketiga untuk unggul 34-33. Lalu set keempat juga menjadi milik Ellison dan Brown yang unggul 37-36 atas Diananda dan Ega.

Dalam kondisi tertekan, Diananda dan Ega justru mencetak poin sempurna di babak penentuan, yaitu 20 pin. Sementara Brown dan Brady yang hanya mampu mengumpulkan 18 poin.

Ega pun membeberkan resep kemenangannya di nomor beregu campuran. Menurutnya, ketenangan dan percaya diri menjadi faktor utama saat pertandingan.
 
"Kuncinya tadi percaya diri saja menghadapi lawan dan berusaha tenang," ucap pemanah 29 tahun tersebut lewat pernyataan resmi yang disampaikan NOC Indonesia.
 
Bukan tanpa hambatan tim panahan Indonesia melaju ke perempat final. Ega mengakui masih diganggu kondisi venue yang berangin.
 
"Di sini memang ada masalah angin (venue lebih berangin), tetapi Alhamdulilah tadi kami dapat megatasinya. Semoga hasil ini bisa menjadi langkah awal yang bagus untuk kami," lanjutnya.

Di perempat final, Diananda dan Ega akan menghadapi wakil Turki, Yasemin Anagoz dan Mete Gazoz. Mereka menyingkirkan wakil Tim Refugee Olimpiade dengan skor 6-2.

 


(TOM)

Berita Terkait