Imbas Impor Beras, Harga Mulai Terjun Bebas

Pedagang beras di Pasar Legi Jombang berharap kebijakan impor beras ditunda. (metrotv) Pedagang beras di Pasar Legi Jombang berharap kebijakan impor beras ditunda. (metrotv)

JOMBANG: Bergulirnya kebijakan impor beras mulai berimbas pada harga beras lokal di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Harga beras lokal rata-rata mengalami penurunan Rp 1.000 per kilogram.  

Penurunan harga beras ini terjadi dalam dua pekan terkahir. Di lapak pedagang Pasar Legi Jombang Kota, harga beras jenis medium yang sebelumnya Rp 8. 800 per kilogram kini menjadi Rp 7.700.

Bahkan tak hanya beras jenis medium saja yang turun.  Beras jenis premium juga mengalami penurunan dari Rp 10.500 menjadi Rp 10.000  per kilogramnya.

Menurut para pedagang, turunnya harga beras ini lebih dipengaruhi rencana impor beras sebanyak 1 juta ton yang akan dilakukan pemerintah.  

"Kebijakan itu kemudian berdampak pada penurunan harga beras di pasaran, " ujar Sugiani, salah satu pedagang pedagang beras di Pasar Legi.

Para pedagang berharap, pemerintah bisa menjadwal ulang kebijakan impor beras.  Sebab saat ini stok beras cukup melimpah karena di wilayah Kabupaten Jombang sudah masuk musim panen.

 


(TOM)

Berita Terkait