Jembatan Penghubung Antardesa di Trenggalek Putus Diterjang Banjir

Kondisi jembatan putus di Trenggalek (Foto / Antara ) Kondisi jembatan putus di Trenggalek (Foto / Antara )

TRENGGALEK : Jembatan di Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, terputus. Jembatan penghubung antardesa itu rusak akibat diterjang banjir pada Kamis 15 Desember 2022.

"Jembatan itu menghubungkan Desa Banaran dengan Desa Winong di Kecamatan Tugu," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek Tri Puspitasari, Sabtu 17 Desember 2022.

Meski demikian, insiden itu tak sampai membuat warga terisolasi. Akan tetapi, warga terganggu harus berjalan memutar dengan jarak yang lebih jauh untuk mobilitas. Menurut dia, debit air sungai saat ini telah normal.

Selain curah hujan deras, kiriman air dari wilayah hulu yang bermuara di sungai itu juga sempat memengaruhi tinggi muka air. "Wilayah Desa Prambon Kecamatan Tugu dan Kabupaten Ponorogo sebelah timur hujan lebat. Kondisi itu membuat debit air meningkat dan saat itu ada dapuran ori yang ikut hanyut dan memutus total jembatan," kata dia.

baca juga : Pemkab Bojonegoro Lelang 40 Motor, Segini Harganya

Setelah terputus, kata dia, petugas gabungan langsung memasang rambu-rambu pemberitahuan di sejumlah titik krusial dari arah Desa Winong maupun Desa Banaran. Selain itu petugas juga sudah memasang garis polisi di sekitar jembatan.

"Untuk itu kami imbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada saat beraktivitas di sekitar sungai," pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait