3,5 Juta Vaksin Moderna Bantuan AS Tiba di Indonesia

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

JAKARTA : Sebanyak 3,5 juta vaksin covid-19 moderna tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Minggu 1 Agustus 2021. Kedatangan vaksin ini merupakan tahap ke-32 hasil kerja sama dose sharing dengan pemerintah Amerika Serikat (AS). Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan, jumlah vaksin moderna yang telah diterima Indonesia sebanyak 8.160.000 dosis.

"Dari sisi sumber Covax Vacility menerima 19.704.960 dosis secara gratis dan semuanya vaksin jadi," ujar Retno dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual.

Dia menuturkan, Indonesia juga akan kedatangan vaksin Astra Zeneca sebanyak 620.000 dosis pada 2 Agustus 2021. Kedatangan vaksin tersebut merupakan hasil kerja sama dengan skema dose sharing. Selain itu, kata dia pemerintah Inggris juga akan berbagi vaksin dengan Indonesia, namun belum dapat dipastikan jumlahnya.

BACA JUGA : Innalillahi, Pasutri Aktivis Kemanusian Lamongan Meninggal Bersamaan

"Dukungan vaksin dari Inggris merupakan hasil komunikasi intens dengan Menteri Luar Negeri Inggris dan menurut rencana terdapat pengiriman berikutnya yang jumlahnya belum dapat dipastikan," katanya.

Sementara itu, kata dia datangnya 3,5 juta vaksin hari ini, Indonesia total menerima 178.357.880 dosis vaksin. Sebanyak 144 juta di antaranya vaksin dalam bentuk curah yang akan diolah kembali dan 33 juta dalam bentuk vaksin jadi.

"Pemerintah terus bekerja keras untuk mengamankan vaksin agar program vaksinasi bisa terus berjalan. Hingga saat ini sekitar 24 persen masyarakat Indonesia telah mendapatkan vaksin covid-19 atau lebih dari 67 jut dosis vaksin," katanya.

 


(ADI)

Berita Terkait