Gelar Sahur On The Road, Sahabat Indonesia Satu Peduli Reog

Ketua Indonesia Satu, Sastra Harijanto (tengah)/ist Ketua Indonesia Satu, Sastra Harijanto (tengah)/ist

SURABAYA. Memasuki 10 hari kedua bulan ramadan, serangkain kegiatan sosial akan digelar Sahabat Indonesia Satu (SIS). Mulai menggelar Sahur On The Road hingga memberikan dukungan moril kepada seniman reog.

Ketua Indonesia Satu, Sastra Harijanto mengatakan kegiatan sosial di bulan ramadan ini bukan pertama kali digelar. Sebelum ada pandemi covid-19, SIS juga melakukan kegiatan membagikan takjil hingga menyantuni janda dan anak yatim

"Untuk tahun ini, selain kita ajak anak yatim berbuka bersama. Rencananya teman-teman dari seniman jalanan (pengamen) akan menggelar sahur on the road. Ini gagasan mereka, sebagai orang tua kami hanya mendukung dan menyemagati mereka yang ingin berbagi di bulan baik ini, " ujar Harijanto disela-sela diskusi dengan anggota komunitas Melayu di Sekretaris Indonesia Satu , Sabtu malam, 16 April 2022.  

BACA: Ngabuburit Ala Santri Jombang, Belajar "Arab Gundul"

Sementara terkait rencana memberikan dukungan moril kepada seniman reog, Harijanto mengatakan, jika saat ini reog memang harus diperjuangkan bersama-sama agar tidak lepas dari Indonesia. Sebab, reog adalah seni budaya asli Indonesia.

"Kita tahu sekarang reog sedang terancam karena diklaim Malaysia. Untuk itu kita akan datangi atau mengundang teman-teman dari seniman reog sebagai bentuk dukungan untuk terus berjuang agar reog tidak sampai di klaim negara lain. Ini sesuai dengan visi dan misi kami menjaga seni budaya Indonesia,  " ucapnya.

 


(TOM)

Berita Terkait