Jarang Diketahui, Ini Amalan saat Jumat Terakhir di Bulan Rajab

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Clicks: Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam. Peristiwa Isra Mikraj juga baru saja diperingati kemarin, Kamis, 11 Maret 2021, tepatnya pada 27 Rajab. Dari situ dapat disimpulkan bahwa Rajab akan meninggalkan kita dalam waktu dekat.

Pada bulan ini, umat Islam memperbanyak amalannya dengan berbagai cara. Mulai dari memperbanyak istigfar, membaca zikir, puasa Rajab yang dilakukan pada 10 hari pertama di bulan Rajab, hingga memperbanyak doa pada pagi dan sore hari.

Hampir semua umat Islam mengetahui akan amalan-amalan tersebut. Tetapi, ada amalan sunnah lainnya yang jarang diketahui, yakni amalan pada Jumat terakhir bulan Rajab.

Dilansir dari NU Online, banyak habib dan kiai yang mengijazahkan amalan tersebut. Beberapa ijazah telah didapatkan dari sultahnul ulama dari Yaman, yakni al-Mukarram al-Syekh al-Habib Salim bin Abdullah al-Syathiri. Berikut amalannya:

Ahmad Rasulullah Muhammad Rasulullah

Artinya: “Ahmad utusan Allah, Muhammad utusan Allah.”

Bacalah amalan ini sebanyak 35 kali saat khatib menyampaikan khotbah kedua. Keutamaannya adalah agar di sepanjang tahun, uang yang kita miliki tidak habis untuk memenuhi segala kebutuhan. Berdasarkan kisah yang ada, amalan ini telah dicoba oleh banyak orang dan berhasil.

Al-Habib Ali bin Hasan Baharun juga menulis keterangan dari gurunya, al-Habib Zain bin Ibrahim bin Smith yang berbunyi:

Faidah. Agar uang tak kunjung habis di sepanjang tahun (dianjurkan) membaca amalan ini sebanyak 35 kali di akhir Jumat bulan Rajab saat khutbah kedua, yaitu ‘Ahmad Rasulullah Muhammad Rasulullah’. Amalan ini telah dicoba oleh banyak orang dan terbukti berhasil,” (al-Habib Ali bin Hasan Baharun, al-Fawaid al-Mukhyarah, hal. 445).


(SYI)

Berita Terkait