Petugas Temukan Cacing Hati di Sejumlah Hewan Kurban

Petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan, Jawa Timur tengah memeriksa  kualitas daging sapi kurban di sejumlah tempat pemotongan hewan (Foto / Metro tv) Petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan, Jawa Timur tengah memeriksa kualitas daging sapi kurban di sejumlah tempat pemotongan hewan (Foto / Metro tv)

MAGETAN : Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan, Jawa Timur menemukan cacing hati saat memeriksa daging kurban di beberapa lokasi pemotongan hewan kurban. Petugas meminta organ tubuh yang rusak dibuang karena tidak layak konsumsi. 

Petugas berkeliling ke tempat-tempat penyembelihan hewan yang dikelola oleh warga atau tamkir masjid. Salah satunya di kelurahan Bulukerto, Kecamatan Magetan. 

Di lokasi ini petugas menemukan cacing hati sapi juga paru-paru yang rusak. Petugas meminta agar panitia kurban membuang organ tersebut karena tidak layak dikonsumsi.

Kabid Kesehatan Hewan (Disnakan) Kabupaten Magetan, Santi Trisnawati yang meninjau langsung di lapangan menjelaskan keberadaan cacing hati tidak mempengaruhi kualitas daging. 

"Sehingga daging sapi masih aman dikonsumsi," kata Santi.

Untuk pengecekan daging kurban ada kurang lebih 29 personel dokter hewan, baik dari dinas atau praktisi. Setiap personel atau dokter hewan bertanggung jawab di beberapa lokasi di kecamatan yang telah ditentukan. 

"Pemeriksaan daging kurban ini sebagai upaya pemerintah agar daging kurban yang dibagikan ke warga aman untuk dikonsumsi," terangnya. 


(ADI)

Berita Terkait