Besok, Suntik Vaksin Covid-19 Digelar Perdana di Grahadi

Sekda Provinsi Jatim, Heru Tjahjono Sekda Provinsi Jatim, Heru Tjahjono

SURABAYA: Pelaksanaan vaksinasi covid-19 perdana di Jawa Timur akan bertempat di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis, 14 Januari 2021. Rencananya, ada 19 nama yang diusukan akan disuntik vaksin.
 
"Sesuai arahan dari Bu Gubernur Jatim. Walaupun di Grahadi, standar keamana tetap akan disiapkan. Pertimbangannya, kalau di Grahadi lebih mudah diketahui masyarakat, sama seperti Pak Presiden Jokowi juga melakukan vaksin di Istana Bogor," kata Sekda Provinsi Jatim, Heru Tjahjono, Rabu, 13 Januari 2021.
 
Sementara itu, Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Joni Wahyuhadi, mengaku belum mengetahui siapa saja penerima perdana vaksinasi covid-19 di Jatim.

"Kami masih menunggu nama-nama dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), karena memang yang menentukan langsung dari Kemenkes. Ada 19 nama yang kita usulkan, " kata Joni.
 
Joni menjelaskan, akan ada empat meja tahapan yang harus dilalui para penerima vaksin covid-19. Meja pertama adalah pendaftaran, kedua pengecekan kondisi kesehatan, ketiga vaksinasi, dan meja ke empat untuk observasi.
 
"Bagi orang yang sudah menerima sms dari Kemenkes untuk vaksin, belum tentu mereka besok divaksin. Karena harus dilihat dulu kondisi kesehatannya," katanya.
 
Menurut Joni, kemungkinan akan ada efek samping yang dialami penerima vaksin seperti gatal-gatal. Namun hal itu sangat kecil kemungkinannya jika kondisi kesehatan penerima vaksin bagus.
 
"Tapi kita sudah siapkan mini ICU, juga mobil ambulans yang bisa langsung ke RSUD dr Soetomo, bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," jelas Joni.
 
Namun Joni memastikan efektifitas vaksin Sinovac aman dan halal. Sebab, sesuai pernyataan BPOM, vaksin Sinovac tingkat sensivitasnya mencapai 65,3 persen.

"Itu lumayan bagus karena WHO memberikan syarat 50 persen,” pungkasnya.

 


(TOM)

Berita Terkait