Hadirkan Pesona Trenggalek Lewat Fashion Day

 Ketua Dekranesda Kabupaten Trenggalek sekaligus Founder UPRINTIS Indonesia, Novita Hardini Mochamad/MI Ketua Dekranesda Kabupaten Trenggalek sekaligus Founder UPRINTIS Indonesia, Novita Hardini Mochamad/MI

JAKARTA: Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranesda) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menggelar Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 di Museum Tekstil Jakarta, selama dua hari, 20-21 Mei 2022  

Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya memperkenalkan pesona Trenggalek sebagai lokal wisdom Jawa Timur sekaligus mendongkrak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang sempat terpuruk usai dihantam Pandemi Covid-19.  

Merayu Trenggalek Fashion Day sendiri merupakan annual event yang akan diselenggarakan setiap tahunnya oleh Kabupaten Trenggalek, dan untuk tahun 2022 ini, Kota Jakarta terpilih menjadi tempat pelaksanaan even akbar tersebut.

Ketua Dekranesda Kabupaten Trenggalek sekaligus Founder UPRINTIS Indonesia, Novita Hardini Mochamad, memastikan Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 bukan sekedar ceremony tahunan belaka apalagi dibuat hanya untuk dikenang.

BACA: Diakui Dunia, Penemuan Dosen ITS Akan Diujicoba di Mars

“Saya menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya perempuan dan insan UMKM, untuk memanfaatkan sekaligus menjadikan Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 sebagai momentum kebangkitan perekonomian masyarakat dan daerah Trenggalek,” kata Novita dalam keterangannya, Jum’at 20 Mei 2022).

Istri Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin ini berharap Event Fashion Show Trenggalek yang kali pertama diselenggarakan di Jakarta, dapat mengakselerasi seluruh potensi daerah dan masyarakat Trenggalek, khususnya pelaku UMKM agar “naik kelas” dan mampu bersaing ditingkat nasional dan internasional.

Apalagi, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Kementerian Perekonomian Republik Indonesia, mendukung penuh Merayu Trenggalek Fashion Day 2022.

Meruya Trenggalek Fashion Day 2022, menurut Novita, merupakan momentum yang sangat baik untuk menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat dan daerah Trenggalek dimasa Pandemi Covid-19, termasuk mewujudkan program 1000 pengusaha perempuan baru tangguh Indonesia.

“Tidak hanya pemerintah pusat, Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 juga mendapatkan dukungan serta menjalin kerjasama dengan beberapa pihak swasta dan profesional yang tentunya dapat menjadi mitra dalam percepatan tumbuh kembang UMKM Trenggalek, dalam kancah nasional hingga Internasional,” tutur Novita.

Berbeda dengan event fashion show lain yang sudah-sudah, lanjut Novita, Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 lebih menonjolkan kearifan lokal Jawa Timur khususnya Kabupaten Trenggalek, dimana bukan hanya menyajikan exhibiton semata namun juga sarat edukasi,  mengingat juga digelar talkshow seputar dunia UMKM, workshop terkait kearifan lokal Kabupaten Trenggalek dimana para pengunjung dapat belajar cara men- canting kain batik, langsung dari pengerajin kain batik Trenggalek.

Para pengunjung yang memadati Museum Tekstil Jakarta hari ini, terlihat sangat antusias mengikuti sesi men-canting kain batik, yang diajarkan langsung oleh para pengerajin batik tulis Trenggalek.

Seluruh penjualan produk UMKM yang dibina Dekranesda Kabupaten Trenggalek dan UPRINTIS, tercatat melalui platform Krealogi, mengingat UMKM Trenggalek saat ini tercatat sebagai 1 dari 30 juta UMKM go digital atau masuk ke marketplace pada 2024 seperti yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan ini tersebut, Novita menekankan digitalisasi UMKM tidak hanya melibatkan pengusaha di segmen hanya untuk berjualan di platform digital atau e-commerce namun seluruh penggunaan teknologi digital dapat digunakan dalam setiap proses bisnis untuk mengakselerasi ekonomi pelaku UMKM.

“Sasarannya bukan hanya 270 juta penduduk indonesia yang siap membeli produk-produk berkualitas UMKM indonesia, namun pasar internasional yang peluangnya semakin terbuka luas, di era digitalisasi saat ini,” jelas Novita.

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital menjadi kata kunci sekaligus detak jantung bisnis UMKM agar tetap hidup, tumbuh dan berkembang disituasi dan kondisi apapun, seperti masa pandemi Covid-19.

Melalui kerjasama dengan berbagai pihak dan support penuh pemerintah pusat, seluruh UMKM di bawah binaan Dekranesda Kabupaten Trenggalek dan UPRINTIS dapat bersama-sama beradaptasi dengan era digitalisasi untuk menunjukkan performa UMKM tanah air khusunya Trenggalek, dikancah persaingan global.

“Tidak dapat dipungkiri, pasar saat ini masih dikuasai dan dibanjiri oleh produk asing sehingga Merayu Trenggalek Fashion Day 2022, seyogianya menjadi momentum kebangkitkan UMKM Trenggalek, UMKM Indonesia agar berjaya dan menjadi raja di negeri sendiri dan mancanegara, " pungkas Novita.

 


(TOM)