Surabaya Perpanjang Masa Penyekatan Hingga 24 Mei, Ini Alasannya

Bundaran Waru merupakan salah satu titik penyekatan di Surabaya yang akan diperpanjang hingga 24 Mei 2021 (Foto / Metro TV) Bundaran Waru merupakan salah satu titik penyekatan di Surabaya yang akan diperpanjang hingga 24 Mei 2021 (Foto / Metro TV)

SURABAYA : Polrestabes Surabaya memutuskan memperpanjang masa penyekatan untuk kendaraan di luar rayon I hingga 24 Mei mendatang. Perpanjangan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 setelah libur Idul Fitri. Ada 13 titik pintu masuk Surabaya yang akan disekat di berbatasan dua kota yakni Sidoarjo dan Gresik.

Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Chandra mengatakan selama masa perpanjangan masa penyekatan ini petugas akan lebih selektif. Artinya seketat saat penyekatan Idul Fitri. Teddy mencontohkan memperbolehkan angkutan umum beroperasi.

"Angkutan umum yang mulai beroperasi juga menjadi pertimbangan. Selama bisa menunjukkan surat tugas maupun hasil tes antigen masih diperbolehkan melintas. Apalagi mayoritas pekerja mulai masuk," katanya Senin 17 Mei 2021.  

Baca Juga : Perhatikan! Pemudik Sidoarjo Wajib Rapid Antigen

Selain itu, pengendara yang berangkat kerja tetap diperbolehkan masuk. Namun khusus pengendara dengan kendaraan di luar plat L dan W juga akan diminta surat tugas. Ini untuk antisipasi masih adanya warga yang mudik. Selain menyortir kendaraan dari luar kota, polisi juga melakukan swab test antigen bagi pengendara yang melintas di jalur tersebut.

"Tes swab antigen itu dilakukan secara random pada pengendara yang melintas. Ketika melihat pengendara tidak fit, petugas langsung mengarahkannya ke pos check point untuk dites," ujar Teddy.

Data Satlantas Polrestabes Surabaya menyebutkan, 13 titik di Surabaya yang dilakukan penyekatan di antaranya, exit Tol Gunungsari-Gresik, exit Tol Gunungsari-Malang, SP3 Lakarsantri, Exit Tol Masjid Al Akbar, depan Mal Cito.
Selain itu kantor Dishub Kota Surabaya, exit Tol Pasar Karang Pilang, Jalan Rungkut Menanggal, MERR Gunung Anyar, exit Tol Satelit, Osowilangun, depan PMK SIER, exit Tol Simo Surabaya dan Terminal Benowo.

 


(ADI)

Berita Terkait