Kemenhub dan KAI Siapkan Gerbong Kereta Gratis untuk Motor Pemudik

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

JAKARTA : Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan PT KAI menyiapkan gerbong kereta gratis untuk sepeda motor bagi pemudik yang mengunakan transportasi kereta selama mudik Lebaran tahun ini. Formula dan persyaratan untuk membuka program ini sedang disusun.

“Jadi kemarin di Pasar Senen kami akan mengusung program angkutan motor gratis. Ada arahan angkutan motor gratis mengggunakan kereta api. Kita akan sosialisasikan dan koordinasi dengan beberapa pihak terkait,” kata Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, Jumat 8 April 2022.

Untuk kapasitas dan kuota motor yang akan diangkut, saat ini tengah dilakukan kajian. “Saat ini kita sedang formulasikan, nanti kita akan sampaikan kuota yang bisa akomodir atau kita layani. Untuk tiket penumpang keretanya masih harus bayar,” ujarnya.

Baca juga : Polisi Segera Limpahkan Berkas Indra Kenz Pekan Ini

Adapun kapasitas angkut KA antarkota di masa Lebaran sebanyak 100 persen, perkotaan 60 persen, dan lokal di level 1 dan 2 sebanyak 100 persen, serta level 3 dan 4 sebanyak 70 persen.

“Saya berharap ini bisa dimanfaatkan secara maksimal. Saya juga yakin dengan adanya angkutan motor gratis ini akan sangat cukup diminati seperti tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya.

 


(ADI)

Berita Terkait