Penumpang Pesawat Tak Perlu Aktifkan Airplane Mode

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Perkembangan teknologi terjadi di semua bidang. Termasuk di dunia penerbangan. Terbaru, penumpang maskapai penerbangan di Uni Eropa segera bisa menggunakan ponsel mereka secara maksimal di langit tanpa perlu air plane mode.

Diketahui, penggunaan ponsel selama penerbangan masih terbatas hingga saat ini. Penumpang dan awak pesawat perlu mengatur ponsel mereka ke dalam AirPlane Mode atau mematikan perangkat sepenuhnya. Hal ini menimbulkan masalah pada penerbangan jarak jauh dan memaksa orang membayar mahal untuk menggunakan Wifi.

Namun, aturan akhirnya berubah dengan teknologi baru. Penumpang dan maskapai penerbangan di Uni Eropa akan bisa menggunakan ponsel mereka secara maksimal. Sehingga, penumpang maskapai penerbangan di negara-negara Uni Eropa tidak perlu lagi mengatur ponsel mereka dalam mode pesawat selama penerbangan.

Komisi Eropa mengumumkan mereka telah memutuskan menghapus aturan airplane mode. Batas waktu bagi negara anggota menyediakan pita frekuensi 5G untuk pesawat hingga 30 Juni 2023. Artinya, orang dapat menggunakan semua fitur ponsel mereka di tengah penerbangan, mengaktifkan panggilan dan aplikasi berat data yang mengalirkan musik dan video.

baca juga : Wow, Elon Musk Berambisi Tanam Chip pada Otak Manusia

Menurut European Commission, sistem baru akan dapat memanfaatkan kecepatan pengunduhan yang jauh lebih cepat yang disediakan oleh 5G dan bisa lebih dari 100Mbps, sebagaimana dikutip dari Gizmo China.  

“Ada kekhawatiran mereka dapat mengganggu sistem kontrol penerbangan otomatis. Apa yang telah ditemukan dengan pengalaman adalah risiko interferensi sangat kecil. Rekomendasinya selalu bahwa begitu Anda berada dalam penerbangan, perangkat harus dalam mode pesawat," kata chief executive of the UK Flight Safety Committee Dai Whittingham.

 


(ADI)

Berita Terkait