Polda Jatim Luncurkan TACS, Urus Asuransi Kecelakaan Tak Pakai RibetĀ 

Peluncuran aplikasi Traffic Accident Claim System (TACS) di Mapolda Jatim, Surabaya Peluncuran aplikasi Traffic Accident Claim System (TACS) di Mapolda Jatim, Surabaya

SURABAYA: Pernah kesal lantaran susah mengajukan klaim asuransi kecelakaan? Kini, warga Jawa Timur tak perlu lagi pusing dengan birokrasi berbelit. Sebab, sudah ada Traffic Accident Claim System (TACS). Apa itu?   


TACS adalah aplikasi yang baru diluncurkan Ditlantas Polda Jawa Timur.Program ini dibuat  memutus birokrasi berbelit saat korban kecelakaan lalu lintas melakukan klaim asuransi.

Peluncuran aplikasi TACS dilakukan Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran didampingi Gubernur Khofifah Indar Parawansa hingga Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah sekaligus untuk menyambut Hari Bhayangkara ke-74.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan inovasi ini merupakan sinergitas dari empat hal penting yakni ada sistemisasi dalam Polri yang protomoter, persiapan menuju normal baru.

Kemudian penguatan kebutuhan Indonesia menuju era 4.0, dan bagaimana memberikan kecepatan, ketepatan dan percepatan layanan pada masyarakat.

"Empat hal ini menjadi inovasi untuk kita terus bergerak progresif dan manfaatnya besar, bukan bagi masyarakat saja tapi bagi bangsa dan Indonesia," kata Khofifah usai peluncuran TACS di Mapolda Jatim, Selasa 30 Juni 2020. 

Khofifah berharap aplikasi TACS dapat bersinergi dengan program Pemerintah Provinsi Jatim yaitu CETTAR. Selain itu, Khofifah ingin program TACS ini bisa menggandeng lebih banyak rumah sakit hingga puskesmas agar menjangkau masyarakat lebih luas.

"Di semua lini, ini sesuatu yang diharapkan masyarakat. Hari ini di tengah pandemi COVID-19 ada pikiran out of the box yang muncul. Pikiran out of the box ini muncul dari Ditlantas Polda Jatim," tuturnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran menambahkan TACS sudah melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan 139 rumah sakit di Jawa Timur.

Fadil menyebut korban laka lantas bisa dipermudah klaim asuransi Jasa Raharja hingga Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Di Jatim ada 139 RS. Ke depan puskesmas yang bisa melakukan rawat inap bisa melakukan sistem ini. Aplikasi ini memudahkan masyarakat korban lantas mendapatkan klaim asuransi Jasa Raharja yang tercover BPJS agar mendapatkan layanan kesehatan," ujar Fadil.

Fadil berharap aplikasi ini bisa menekan angka fatalitas akibat kecelakaan. Sebagaimana TACS merupakan hadiah pada masyarakat di Hari Bhayangkara ke-74.

"Mudah-mudahan masyarakat makin terlayani dalam menghadapi normal baru. Ini kami persembahkan pada masyarakat untuk kado Hari Bhayangkara ke-74 besok," katanya. 
 


(TOM)