Jalan di Dukuh Pakis Surabaya Amblas, 2 Rumah Kehilangan Akses

Tanah seluas 15 kali satu meter di Pakis Argosari amblas (Foto / Metro TV) Tanah seluas 15 kali satu meter di Pakis Argosari amblas (Foto / Metro TV)

SURABAYA : Tanah seluas 15 kali satu meter di Pakis Argosari tiba-tiba amblas Kamis 29 Desember 2022. Peristiwa itu terjadi di depan rumah Gendut Wibowo dan Lini Delina, warga di Dukuh Pakis, Surabaya. Kedalaman amblas tanah diperkirakan mencapai dua meter.

Akibatnya, akses masuk dua rumah warga di kawasan itu tak bisa dilewati. Amblasnya tanah itu lantas ditangani Jumat 30 Desember 2022. Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Surabaya memasang besi penahan serta membersihkan puing-puing beton yang menutup saluran. PDAM Kota Surabaya juga memperbaiki pipanya yang rusak akibat jalan ambles tersebut.

"Dalamnya sekitar 1,5 meter. Longsornya sekitar 10 meter panjangnya. Rongga tanah ketumpuk cor-coran. Kalau lihat visual jalannya miring, ada retakan dikit," kata Darwanto, pengawas PDAM Kota Surabaya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Surabaya Hidayat Syah mengatakan, berdasarkan keterangan salah satu penghuni rumah saat hendak keluar terdengar suara pot terjatuh. Kemudian, pemilik rumah tersebut mencoba melihat dan mendapati pagar rumah dan akses masuk sudah runtuh.

"Itu kan ada pergerakan tanah sudah mulai kemarin. Kami juga tak bisa memastikan karena kawasan jalan masuk ke jalan utama ditutup semua jadi gak ketahuan," kata Hidayat.

baca juga : Dikira Paket Bom, Ternyata Bangkai Kucing

Selanjutnya, Pemkot Surabaya membangun jembatan darurat di amblas tersebut. "Jembatan sementara dari bambu untuk akses keluar masuk warga. Kami mendalami penyebab amblasnya tanah di Jalan Pakis Argosari," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, Sabtu 31 Desember 2022.

 

 


(ADI)