Terkuak! Ini Cara Rice Cooker Mengetahui Nasi Sudah Matang

(Flickr/ David Prasad) (Flickr/ David Prasad)

CLICKS: Rice Cooker merupakan alat yang sangat populer di Indonesia bahkan negara di Asia. Sebab, rice cooker menjadi alat yang sangat membantu banyak masyarakat untuk mempersingkat waktu saat memasak nasi.

Walau sangat familiar dan sering kita gunakan, pernahkan Anda penasaran dengan cara kerja rice cooker mengetahui ketika nasi sudah matang?  

Dilansir dari Inibaru.id, salah seorang yang menanyakan soal kemampuan hebat rice cooker. Nah, ternyata, pertanyaan yang kemudian viral dan menjadi bahasan hangat warganet ini menghasilkan jawaban. Salah satunya dari pengguna warganet bernam Andy Fajar Handika dengan akun @TalkinAndy.

Saat rice cooker berada dalam mode memasak usai tombol ‘Cook’, maka air di dalam wadah nasi akan mendidih dengan suhu konstan 100 derajat Celcius. Hal ini akan membuat nasi jadi mengembang dan jadi lebih empuk. Di sisi lain, air juga bakal menguap di dalam ruangan yang tertutup rapat.

Baca juga: Tak Melulu Berbahaya, Ini Manfaat Mandi Hujan untuk Perkembangan Anak

Menariknya, saat air sudah benar-benar habis menguap, maka suhu di dalam rice cooker bakal melebihi 100 derajat Celcius. Hal ini ternyata memengaruhi pelat logam thermostat. Nah, pelat ini bakal melengkung sehingga mendorong tuas ‘Cook’ bergeser menjadi ‘Warm’.

Saat mode ‘Warm’, suhu rice cooker biasanya mencapai 75 derajat Celcius. Sayangnya, hal ini bisa membuat nasi menjadi kering kalau dibiarkan di dalam rice cooker terlalu lama. Untungnya, banyak rice cooker modern kini menentukan suhunya sekitar 60 derajat Celcius. Selain nggak bikin nasi jadi lebih mudah kering, hal ini membuat daya listrik yang digunakan juga jadi lebih hemat.

Nah, itulah penjelasan cara rice cooker mengetahui nasi sudah matang. Bagaimana apakah rasa penasaran Anda sudah terjawab? Semoga bermanfaat.


(NAI)