Mengerikan! Ini Azab Untuk Anda yang Suka Memfitnah

Ilustrasi Fitnah/Sumber: Nolmeter.com Ilustrasi Fitnah/Sumber: Nolmeter.com

CLICKS: Menjaga perkataan merupakan perkara yang tidak bisa dianggap remeh. Hanya karena tidak bisa menjaga mulut, kita bisa masuk neraka. Menjaga lisan yang dimaksud kali ini adalah ghibah dan fitnah.

Allah SWT telah memperingatkan umatnya betapa bahayanya sebuah fitnah dan ghibah hingga mampu merugikan banyak pihak, baik pembuat fitnah maupun yang difitnah. Sebagaimana firman Allah SWT, "...Dan berbuat fitnah lebih besar (dosanya) daripada membunuh..." (QS. Al Baqarah: 217).

Dalam surat An-Nur Ayat:15, Allah berfirman:

“(Ingatlah) ketika kamu menerima (berita bohong) itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikitpun, dan kamu menganggapnya remeh, padahal dalam pandangan Allah itu soal besar.” (QS. An-Nur: 15)

Melansir Oase.id, dalam hukum islam, terdapat beberapa azab atau ganjaran bagi orang–orang yang suka menyebar fitnah dalam akhirat kelak, berikut informasinya:

1. Hukum cambuk
Orang yang suka memfitnah dan tidak mampu membawa saksi, maka berhak bagi dia untuk dihukum cambuk sebanyak 80 kali dan kesaksian orang tersebut tidak akan diterima selamanya. Allah SWT berfirman:

“Dan orang-orang yang menuduh perempuan-perempuan yang baik (berzina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka delapan puluh kali, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka untuk selama-lamanya. Mereka itulah orang-orang yang fasik,” (QS. An-Nur: 4)

Baca juga: Hadis Menyebut Kebiasaan Berbagi Makanan Bakal Dijanjikan Surga

2. Tidak masuk surga dan ancaman neraka jahanam

Bagi orang yang suka menyebarkan fitnah, dipastikan dia tidak akan masuk surga. Rasulullah bersabda. “Tidak masuk surga orang yang suka menyebarkan fitnah,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, memfitnah juga akan membawa kita kepada siksaan neraka jahanam. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang yang membuat-buat kebohongan terhadap Allah dan mendustakan kebenaran yang datang kepadanya? Bukankah di neraka Jahanam tempat tinggal bagi orang-orang kafir?” (QS. Az-Zumar: 32)

3. Penyakit hati

Orang-orang yang hatinya dipenuhi penyakit menjadi penyebab mereka suka berbohong dan menyebarkan fitnah, firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah Ayat 10:‏

“Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakitnya itu; dan mereka mendapat azab yang pedih, karena mereka berdusta.” (QS. Al-Baqarah Ayat 10)

4. Mendatangkan musibah

Naudzubillah min Dzalik, fitnah akan menimbulkan musibah bagi siapa saja, hingga kaum tersebut menyesali atas perbuatannya. Allah SWT berfirman:

“Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu.” (QS. Al-Hujurat: 6)


(NAI)