Hujan Turun, Tumpukan Sampah Plastik Menggunung

Tumpukan sampah plastik yang menyumbat aliran Sungai  Marengan di Kabupaten Sumenep. (metrotv) Tumpukan sampah plastik yang menyumbat aliran Sungai Marengan di Kabupaten Sumenep. (metrotv)

SUMENEP: Sejumlah sungai di Kabupaten Sumenep dipenuhi tumpukan sampah saat turun hujan pertama. Warga bergotong-royong membersihkan sampat dengan alat seadanya. 

Kondisi itu terlihat di sekitar sungai Marengan, Selasa  14 September 2021. Warga sibuk mengais tumpukan sampai di sepanjang sungai. Sampah yang menumpuk ini, kebanyakan sampah plastik.  

BACA: Memilukan, Bayi di Tulungagung Terlahir Tanpa Anus

"Tiap hujan turun, kami selalu mengais sampai yang berada di sungai menggunakan alat seadanya. Jika tidak segera dibersihkan akan menyumbat aliran sungai dan menyebabkan banjir, " keluh Titin, salah satu warga. 

Sementara Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah DLH Sumenep, Agus Salam membenarkan fenomena serbuan tumpukan sampah memang rutin terjadi tiap tahunnya. Namun tidak bisa berbuat banyak. 

"Kami menghimbau kepada warga agar tidak membuang sampah ke sungai, " ucapnya.

 Sementara warga di sekitar bantaran sungai hanya bisa berharap dinas terkait lebih responsif untuk masalah sampah di sungai yang dapat menyebabkan bencana banjir. 


(TOM)

Berita Terkait