Truk Pasir Terserat Banjir Lahar Dingin Semeru

Para penambang pasir menyelamatkan motor dari terjangan banjir lahar dingin Gunung Semeru. (metrotv) Para penambang pasir menyelamatkan motor dari terjangan banjir lahar dingin Gunung Semeru. (metrotv)

LUMAJANG:  Banjir lahar dingin Gunung Semeru membuat armada truk pasir terseret hingga puluhan meter. Beruntung, sopir truk berhasil menepi hingga tak sampai ada korban jiwa. 

Detik-detik truk pasir terseret banjir lahar Gunung Semeru akibat hujan deras di Sungai Leprak, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang sempat terseret video amatir.  

Kejadian bermula saat sang sopir sedang berada di lokasi tambang untuk mengisi pasir. Nahas.  saat selesai menambang, gardan truk tersangkut batu sehingga tidak bisa keluar dari sungai. 

Truk milik Muhamamd, 34 tahun, warga Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro itu terseret hingga sejauh 50 meter.

BACA:  Tidak Ada Hujan, Atap Gedung KPU Bojonegoro Mendadak Ambruk
 
"Belum sempat menyelamatkan truknya, tiba-tiba saja banjir lahar gunung semeru datang dengan arus yang cukup deras. Beruntung posisi truk tidak sampai terguling, " ujar Fadli,  penambang pasir. 

Tak hanya truk pasir, banjir lahar juga sempat membuat kendaraan roda dua milik salah satu penambang nyaris tertimbun material  lahar.  Motor ini di parkir di tengah aliran sungai,  saat sang pemilik melakukan aktivitas penambangan pasir galian “c”. 

Petugas menghimbau, warga dan penambang pasir tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan. Terutama ancaman bahaya sekunder gunung Semeru, berupa banjir lahar karena sering terjadi saat hujan, baik di lereng maupun di kawasan puncak. 


(TOM)

Berita Terkait