Puspenerbal Tambah Alutsista, 4 Pesawat Udara dan 1 Helikopter

Pesawat udara baru  milik Pusat Penerbangan Angkatan Laut/metrotv Pesawat udara baru milik Pusat Penerbangan Angkatan Laut/metrotv

SIDOARJO: Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) menambah lima alutsista baru. Terdiri dari tiga tiga pesawat latih, satu helikopter latih dan pesawat CN.

"Tiga pesawat dan satu helikopter untuk latihan para rajawali muda, sementara pesawat CN untuk untuk intai udara maritim dan pengamatan laut, " ujar Kepala Staf TNI AL (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali (kedua kiri) saat meresmikan pesawat udara di Base Ops Lanudal Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis 19 Januari 2023.

Alutsista baru yang dimiliki puspenerbal adalah tiga pesawat latih Piper Archer PA-28-181 buatan Amerika Serikat. Pesawat ini untuk latih dasar yang akan digunakan Skuadron Udara 200 Wing Udara 2, yang melatih para calon rajawali muda atau pilot Puspenerbal.

BACA: Puluhan Hektare Sawah di Sidoarjo Terendam Banjir

Alutsista baru lainnya adalah pesawat helikopter Bell 505 Jet Ranger X, buatan dari Bell Trexton Kanada. Helikopter bermesin tunggal tersebut memiliki kemampuan kecepatan dalam mendekati target sasaran yang dicari.

Sementara alutsista baru terakhir adalah pesawat CN 235-220 MPA, buatan dalam negeri PT Dirgantara Indonesia. Pesawat ini memiliki fungsi sebagai intai udara, serta pengamatan laut untuk menjaga kedaulatan NKRI.

"Jumlah kekuatan alutsista yang dimiliki Puspenerbal masih belum ideal. Akan terus ditambah, namun lebih memilih menggunakan produk dalam negeri, " ujarnya.

 


(TOM)

Berita Terkait