Ikan Asap Barakuda Khas Lamongan, Dicocol Lebih Nikmat

Ikan barakuda asal kuliner khas Lamongan/Metro TV Ikan barakuda asal kuliner khas Lamongan/Metro TV

LAMONGAN: Sebuah warung berada persis di sebelah pesisir pantai di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, menyajikan sensasi kuliner khas yang diburu banyak orang. Kuliner itu bernama ikan barakuda asap!

Warung yang sudah berjualan selama 7 tahun ini menyajikan kuliner berbeda dibanding penjual ikan asap lain. Pelanggan bisa memilih beragam ikan yang ingin diasapi di atas bara api. Mulai dari ikan tuna, tonang, tenggiri, tongkol, hingga barakuda.

Ikan yang dipilih pelanggan dilumuri garam lalu digoreng. Tak makan waktu lama, ikan hanya dimasak satu menit sampai matang. Ikan asap ini disajikan dengan racikan sambal mentah dadakan tradisional yang disantap bersama lalapan.

BACA: Mencicipi Sensasi Pedas Belut Blukuthuk, Kuliner Unik Bojonegoro

Perpaduan ikan asap segar dan sambal mentah dadakan ini banyak diburu. Jenis Ikan asap jenis barakuda yang paling banyak dicari memiliki tekstur lembut, gurih, dan tidak amis.

“Ini ikannya kalo dicocol sambal mentah luar biasa rasanya,” ujar Pelanggan asal Gresik, Hasan dalam program Newsline di Metro TV, Senin, 7 Februari 2022.

Dalam sehari, warung ini bisa menghabiskan 30-50 kilogram ikan segar. Omzet warung ini bisa mencapai Rp5 juta per hari.  
“Satu ikan harga per porsinya rata-rata Rp18 ribu,” kata pemilik warung ikan asap, Yuli.

Setiap hari, pelanggan yang datang tak pernah sepi. Pelanggan bahkan tak cuma datang dari Lamongan. Beberapa warga Gresik, Surabaya, Bojonegoro, dan Solo bahkan sengaja datang ke warung ini untuk menikmati barakuda asap nan nikmat.

 


(TOM)

Berita Terkait