Bisa Turunkan Risiko Kanker Serviks, Yuk Konsumsi 6 Makanan Ini!

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Clicks: Sampai saat ini, salah satu penyakit yang masih ditakuti oleh banyak orang di penjuru dunia adalah kanker. Penyakit satu ini dapat menyerang seluruh bagian tubuh manusia. Tidak seperti covid-19 yang laju penularannya terbilang cepat, kanker sama sekali tidak menular. Penyakit ini lebih ditakuti karena dapat menyebabkan kematian. 

Terdapat beberapa jenis kanker yang paling sering menyerang wanita, salah satunya adalah kanker serviks. Kanker yang terjadi pada bagian reproduksi wanita ini dijuluki sebagai ‘The Silent Killer’. Hal ini lantaran kanker serviks acap kali tidak menimbulkan gejala. Sehingga biasanya wanita baru mengetahuinya ketika kanker tersebut sudah menjadi ganas.

Berbagai langkah pencegahan pun sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap wanita demi mengurangi risiko terkena kanker serviks. Mulai dari menjaga kebersihan vagina, menerima vaksin HPV, melakukan seks yang aman, hingga rutin menjalani pemeriksaan pap smear.

Baca juga: Bisa Sebabkan Cacat, Kenali Penyebab hingga Gejala Penyakit Kusta

Tetapi, tahukah kamu, ternyata ada beberapa makanan yang bisa membantu para wanita mencegah penyakit mematikan itu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut enam makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko seseorang alami kanker serviks.

1. Wortel 

Ketika berbicara soal wortel, hal pertama yang muncul dalam benak kalian pasti baik untuk mata. Sayur satu ini mengandung beberapa nutrisi penting, seperti termasuk vitamin K, vitamin A, dan antioksidan. Tak hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan kandungan beta-karoten pada wortel berkaitan dengan penurunan risiko kanker.

Kalian bisa mengonsumi wortel mentah-mentah atau dengan cara direbus terlebih dahulu. Hindari mengonsumsi wortel dengan cara digoreng agar tidak merusak nutrisi di dalamnya.

2. Teh hijau

Tidak perlu dijabarkan lagi, kita sudah sangat sering mendengar segudang manfaat dari teh hijau. Minuman populer ini mengandung polifenol, jenis antioksidan tertentu, yang membantu mencegah pembelahan dan penggandaan sel kanker. Tak ada waktu tertentu untuk mengonsumsi teh hijau. Kalian dapat meminum teh hijau kapan saja sepanjang hari.

3. Selada

Selada merupakan salah satu sayur yang sering dijadikan bahan salad. Di Indonesia, sayur satu ini juga sering kali dijadikan lalapan. Bagi kalian yang gemar memakan selada, ada kabar baik nih. Pasalnya, sayur berwarna hijau ini mengandung flavonoid yang dianggap oleh banyak orang sebagai sumber nutrisi utama yang memberikan tingkat perlindungan terhadap kanker. 

4. Bawang putih

Siapa sangka, bawang putih yang hampir menjadi bahan dasar setiap masakan di Indonesia ternyata termasuk sebagai makanan yang bisa mencegah kanker serviks lho. Hal ini berkat kandungan flavonoid yang terdapat di bawang putih. 

Bawang putih juga mengandung mangan, vitamin B6, vitamin C, dan selenium yang baik untuk tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan kombinasi senyawa tersebut bisa menangkal pertumbuhan sel kanker di usus. Risiko kanker perut, usus besar, dan payudara juga bisa diturunkan dengan bumbu dapur satu ini.

5. Kacang-kacangan

Siapa sih yang tidak suka dengan kacang? Hampir semua orang Indonesia pasti suka dengan makanan satu ini. Kacang bisa diolah menjadi berbagai masakan yang lezat. Tetapi, siapa sangka, ternyata kacang juga termasuk sebagai makanan untuk mencegah kanker serviks lho. Hal ini berkat kandungan serat dan protein yang tinggi di dalamnya.

Baca juga: Jangan Main HP Terus! Berikut 8 Kegiatan Asyik yang Bisa Dilakukan Tanpa Gawai

Kesehatan sel-sel di dalam tubuh dapat dijaga dengan memakan kacang-kacangan. Sehingga pembentukan sel kanker juga bisa diminimalkan. Selain itu, kacang memiliki komponen yang disebut fitokimia. Fitokimia dianggap bisa memperlambat pertumbuhan tumor dan melindungi sel-sel sehat agar tidak berubah menjadi sel kanker. Terlebih, harga kacang juga sangat terjangkau. Jadi, kalian bisa mengonsumsinya secara rutin.

6. Roti gandum utuh 

Roti gandum utuh mengisi jumlah karbohidrat yang hilang. Makanan ini termasuk dalam daftar makanan pencegah kanker serviks lantaran kandungan vitamin B6 di dalamnya. Vitamin tersebut berperan untuk mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh, metabolism sel darah merah, dan sistem saraf. Yuk, konsumsi roti gandum utuh secara rutin mulai dari sekarang!


(SYI)