Kekuatan Jatim di PON Tergerus, GM Cerdas Barus Resmi Perkuat Papua

Grand Master Cerdas Barus Perkuat Tim PON Papua (antara) Grand Master Cerdas Barus Perkuat Tim PON Papua (antara)

PAPUA: Tidak hanya dana minim, kekuatan Jatim di PON XX/Papua dipastikan juga tergerus. Atlet andalan di cabang catur, Grand Master (GM) Cerdas Barus resmi hengkang memperkuat tim tuan rumah, Papua. 

Manajer tim catur Papua Haji Ariadi  mengatakan dengan hadirnya GM Cerdas Barus, membuat timnya semakin kuat. Selain itu juga membuka peluang medali emas bagi kontingen Papua. 
 
"Di Indonesia, pecatur yang bergelar Grand Master masih bisa dihitung dengan jari, mungkin hanya beberapa orang seperti Utut Adianto, Susanto Megaranto, Novendra dan Cerdas Barus sendiri," katanya, seperti dilansir medcom.id, Selasa 7 September 2021. 

BACA: Beri Bonus, Rektor Unesa Hubungi Peraih Emas Paralimpiade Asal Mojokerto

Sementara itu, Ketua Harian Percasi Papua Ventje Ropa mengatakan pihaknya menyampaikan rasa optimistis dengan kehadiran GM Cerdas Barus.
 
"Kami berharap, minimal target raihan emas tercapai, syukur-syukur lebih, di mana ada 15 medali emas yang akan diperebutkan, kalau bisa setengah itu milik Papua," katanya.
 
Senada dengan Ventje Ropa, Sekum Percasi Papua Banjir Ambarita mengatakan GM Cerdas Barus tidak asing lagi di dunia catur Indonesia, dan termasuk salah satu pecatur yang disegani karena kualitas permainannya yang masih bagus serta masuk jajaran papan atas.
 
Dia menambahkan kualitas permainan Cerdas Barus masih mumpuni, terbukti dalam beberapa turnamen yang diikuti, masih menunjukkan kemampuannya, buktinya dalam turnamen Piala MPR Juni lalu, masih bertengger di papan atas, padahal rata-rata pemain yang ikut adalah pecatur muda usia 20-30 tahunan.


(TOM)

Berita Terkait