Lakukan Hal Ini Agar Terhindar dari Godaan Setan

Ilustrasi berdoa. (Foto: Pexels.com) Ilustrasi berdoa. (Foto: Pexels.com)

Clicks: Iblis merupakan makhluk pertama yang menolak perintah Allah untuk bersujud di depan Nabi Adam. Sebab, iblis menganggap dirinya memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari pada Nabi Adam. 

Akibat keangkuhannya itu, iblis pun diusir dari Surga. Sejak itulah ia menaruh dendam kepada Nabi Adam dan berjanji untuk selalu menggoda serta menjerumuskan umat manusia sampai hari kiamat.

Sebagai umat Islam yang beriman, pastinya kita menginginkan untuk tetap di jalan yang lurus dan terhindar dari godaan iblis atau setan. Adapun alasan mengapa setan atau iblis diciptakan dari api. Hal itu menunjukkan bahwa manusia yang diciptakan dari tanah memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan setan atau iblis.

Lalu, apa saja upaya yang bisa dilakukan untuk menggagalkan niat buruk setan terhadap manusia? Dilansir dari Nu Online, berikut langkah-langkah agar terhindar dari godaan setan.

1. Perbanyak zikir

Memperbanyak dzikir kepada Allah SWT dapat membuat kurus setan. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

Sesungguhnya orang mukmin itu membuat kurus setannya, sebagaimana seseorang di antara kamu membuat kurus ontanya dalam perjalanan.”

Analoginya, ketika sebuah binatang liar telah dikuruskan, saat itu juga ia akan mudah untuk diatur dan menurut kepada majikannya. Sebab, ia hanya bisa bergantung kepada majikannya untuk memenuhi asupannya. Hal serupa berlaku juga untuk setan. Apabila seorang umat Islam bisa menguasai setan dengan tidak memenuhi keinginannya, maka setan pun akan menjadi kurus.

2. Jauhi tempat maksiat dan orang mungkar

Lingkungan akan mempengaruhi karakter dari seseorang. Umumnya, ketika seseorang bersosialisasi di lingkungan yang baik, maka ia akan memiliki sikap dan perilu yang baik, begitu pun sebaliknya. 

Janganlah kalian mencoba untuk mendekatkan diri ke tempat-tempat yang maksiat dan orang-orang yang suka melanggar perintah Allah SWT. Sungguh hal itu akan mempermudah setan untuk menyesatkan manusia. Rasulullah pernah menyatakan:

Barang siapa berputar-putar di sekitar tempat larangan, maka besar kemungkinan ia akan terjerembab ke dalamnya.”

3. Harus sadar akan ancaman godaan setan

Umat Islam harus selalu mengingatkan diri bahwa hadirnya setan dalam bumi ini adalah untuk menggoda dan menjerumuskan manusia ke lembah kenistaan dan kemadharatan abadi. Jangan sampai ada yang berpikir setan datang untuk membawa kemanfaatan dalam diri kita. Dalam surat al-Hasyr ayat 16 Allah SWT menerangkan:

Ketika dia berkata kepada manusia: ‘Kafirlah kamu’, maka tatkala manusia itu telah kafir, maka ia berkata: ‘Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu'.”

4. Ketahuilah setan mencari teman

Di balik kegigihannya untuk menjerumuskan manusia ke jalan yang sesat, setan juga bersifat pengecut. Semakin banyak manusia yang terjerumus oleh godaannya, maka setan akan semakin puas. Sebab, neraka sair itu sangat luas dan setan menginginkan teman untuk ikut mengisinya. Hal ini diterangkan dalam surat al-A’raf ayat 16-17 yang berbunyi:

Iblis menjawab: ‘Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus’.” bunyi surat al-A’raf ayat 16.

Kemudian, pasti aku akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang, dari kanan, dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur.” bunyi surat al-A’raf ayat 17.

5. Persempit gerak setan dengan puasa

Terakhir, tunaikanlah ibadah puasa. Sebab, saat kita menahan lapar, hal itu bisa membuat kita selalu ingat kepada Allah SWT. Rasulullah bersabda sebagai berikut:

Setan itu berjalan dalam aliran darah keturunan Adam. Maka persempitlah ruang geraknya dengan cara menahan lapar (puasa).” 

Hadis tersebut derajatnya Muttafaq ‘alaih, diriwayatkan dari Shafiyah, dan dikutip dari Kitab Ihya’ Ulumiddin Imam al-Ghazali.

Nah, itulah hal-hal yang kalian bisa lakukan agar terhindar dari godaan setan. Bagaimana clickers? Apakah kalian tertarik untuk melakukannya?

 


(SYI)

Berita Terkait