Stok Kosong, Ribuan Nakes di Sumenep Belum Vaksin Booster Kedua

Dinas Kesehatan Sumenep mengecek ketersedian vaksin booster/metrotv Dinas Kesehatan Sumenep mengecek ketersedian vaksin booster/metrotv

SUMENEP: Vaksin booster dosis kedua untuk tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, belum bisa dilakukan. Penyebabnya, dosis vaksin boosternya sudah lama kosong dan belum ada kejelasan kapan akan mendapatkan suplai.

Penanggung Jawab Vaksin Dinas Kesehatan Sumenep, Hendrix mengatakan vaksin booster  kedua untuk nakes jenis Moderna sudah lama kosong, tepatnya sejak 29 Juli 2022.  Sementara dosis vaksin yang tersedia hanya Sinovac dan Pfizer yang peruntukannya untuk masyarakat umum.

"Di Kabupaten Sumenep, terdata untuk sasaran vaksin booster dosis ke dua ini sebanyak 3.270 tenaga kesehatan. Tersebar di semua wilayah Sumenep, termasuk kepulauan, " ujarnya.

BACA: Puncak Kemarau Tidak Merata, Jatim Waspada!

Ditambahkan Hendrix, selain kosong, vaksin booster tahap kedua ini belum didukung dalam aplikasi. Akibatnya, para nakes belum bisa mendapat sertifikat vaksin booster ini.

"Saat ini Dinas Kesehatan Sumenep sedang melakukan koordinasi dengan Pemprov Jawa Timur agar segera mendapatkan suplai vaksin booster dosis kedua untuk Tenaga Kesehatan berjenis Moderna, " ujarnya, 

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mengeluarkan Surat Edaran bahwa semua tenaga kesehatan harus sudah vaksin booster dosis kedua.

 


(TOM)

Berita Terkait