Ingin Cerahkan Warna Ikan Cupang? Yuk, Intip Rahasianya di Sini

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Clicks: Jalan di sore hari merupakan salah satu kegiatan yang digemari banyak orang untuk merilekskan pikiran. Cahaya matahari yang sudah tidak terlalu terik ditambah dengan hembusan angin yang membelai rambut kita, membuat suasana di sore hari semakin sempurna.

Tak lengkap rasanya, jika aktivitas itu tidak diselingi dengan membeli jajanan dari para pedangang yang berjualan di sekitar lingkungan rumah atau kantor. Bahkan, terkadang kita juga bisa melihat pedagang ikan cupang berada di sela-sela para penjual makanan sejak pandemi covid-19 melanda.

Pemandangan itu mulai tidak asing terlihat usai banyak orang yang memiliki hobi memelihara ikan cupang selama pandemi. Warna ikan cupang yang cantik dan sangat beragam sering kali membuat pemiliknya tidak puas bila hanya memiliki satu ikan cupang. 

Tetapi, tahukah kalian bahwa warna pada ikan cupang dapat ditingkatkan agar terlihat semakin cantik? Buat kalian yang penasaran bagaimana caranya, yuk simak resepnya sebagai berikut.

1. Beri daun ketapang kering 

Bagi yang sudah terbiasa memelihara ikan cupang, pasti sudah tidak asing lagi dengan daun satu ini. Ya, daun ketapang kering dipercaya memiliki banyak manfaat bagi ikan cupang, salah satunya meningkatkan warnanya.

Daun ketapang dapat menghasilkan zat organik khusus yang bisa menurunkan kadar PH air. Tak hanya itu, daun ini juga bisa menyerap zat kimia dalam air. Jadi, cobalah untuk masukkan daun ketapang kering ke dalam akuarium ikan cupang kalian. Selain murah, daun ketapang juga sudah diperjualbelikan secara umum, sehingga kalian tidak perlu repot mencarinya.

2. Jemur ikan cupang

Kalau manusia berjemur untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuhnya, berbeda halnya dengan ikan cupang. Pemilik ikan cupang disarankan untuk menjemur ikannya agar lebih fit, lincah, hingga agresif. Bahkan, salah satu sumber menyebutkan proses penjemuran ikan cupang juga dapat merangsang cepatnya proses mutasi warna lho.

Tetapi, masih banyak orang yang belum menanggapi teori itu secara serius karena belum ada bukti ilmiahnya. Kendati demikian, tidak ada salahnya juga bila kalian ingin mencobanya. Apalagi menjemur ikan cupang memang sangat disarankan untuk meningkatkan kondisi kesehatan ikan.

3. Kualitas air harus terjaga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa air menjadi hal yang krusial untuk keberlangsungan hidup ikan cupang. Kenapa begitu? Ikan cupang bisa hidup tanpa alat sirkulasi udara, tetapi bukan berarti kalian jadi merawat ikan tersebut seenaknya. 

Kalian harus selalu mengontrol kualitas air akuairum ikan cupang. Sebaiknya, kalian mengganti air dua hari sekali agar ikan tetap sehat. Selain itu, kualitas air juga memegang peranan penting dalam meningkatkan atau mempercepat naiknya warna ikan cupang. 

Baca juga: Ikan Cupang Terlihat Lesu? Ini Tips yang Baik dan Benar untuk Merawatnya

Yang perlu diingat adalah tidak seluruh air dalam wadah ikan cupang harus dikuras. Disarankan untuk mencampur telebih dahulu air lama dengan air yang baru. Giat tersebut dilakukan agar ikan cupang bisa beradaptasi lebih mudah dengan air tempatnya hidup.

4. Beri makan makanan yang bisa meningkatkan warna ikan cupang

Tak hanya memastikan kualitas air, kesehatan ikan cupang juga bergantung pada makanan yang mereka konsumsi. Jadi, pastikan ikan cupang kalian memakan makanan bergizi sekaligus yang dapat meningkatkan warnanya. Berikut beberapa jenis makanan yang bagus diberikan kepada ikan cupang kalian.

Udang 

Memberikan makan udang kepada ikan cupang dapat meningkatkan warna ikan kalian. Hal ini dikarenakan udang kaya akan pigmen karotenoid yang dapat menimbulkan warna merah dan kuning pada ikan. Biasanya, udah juga bebas dari penyakit sehingga bisa menjadi makanan hidup yang enak bagi ikan cupang.

Ikan salmon dan haring

Di habitat aslinya, ikan cupang biasa memakan serangga. Tetapi, jauh lebih baik jika sesekali kalian memberikan makan makanan yang mengandung salmon atau ikan haring. Sama halnya dengan udang, makanan ini juga mengandung banyak karotenoid yang bisa meningkatkan warna.

Spirulina

Spirulina adalah mikro-alga yang dapat meningkatkan kesehatan dan warna pada ikan. Mengingat ikan cupang adalah karnivora, tidak mungkin rasanya jika mereka memakan makanan ini sendiri. Namun, jangan khawatir, banyak produk akuarium di luar sana yang mengandung spirulina sebagai aditif, termasukan serpihan ikan, dan beberapa makanan beku.

Cacing darah

Cacing darah merupakan makanan yang paling umum diberikan pada ikan cupang. Cacing darah dipercaya memiliki banyak gizi dan dapat menghasilkan warna yang cantik pada ikan cupang. Protein daric acing darah diseburkan tidak setinggi jenis-jenis makanan ikan cupang lainnya.


(SYI)

Berita Terkait