Penambahan Kasus Positif Baru Didominasi Jatim dan DKI

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

JAKARTA : Penambahan kasus baru positif korona di Jatim dan DKI masih tinggi. Tercatat, hari ini ada 550 kasus baru di Jatim. Padahal, Jatim sudah diberikan ultimatum Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan kasus tersebut selama dua pekan.  
 
“Jawa Timur terdapat 552 kasus baru meski melaporkan 154 orang sembuh hari ini,” ungkap juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu, 5 Juli 2020.
 
Sedangkan untuk DKI Jakarta menyumbang 257 kasus baru. Namun, penambahan pasien sembuh mencapai 286 orang. Penambahan kasus tertinggi berikutnya ialah Jawa Tengah dengan 208 kasus baru dan 50 orang sembuh. Sulawesi Selatan terdapat 136 kasus baru dan 95 orang sembuh.
 
“Selanjutnya Jawa Barat dengan 106 kasus baru dan 17 kasus sembuh,” ujar Yuri.

Yuri mengatakan tingkat kesembuhan pasien covid-19 di Indonesia terus meningkat. Bahkan, beberapa daerah melaporkan jumlah kesembuhan yang lebih tinggi dibanding jumlah kasus baru.
 
Misalnya Maluku dengan 18 kasus baru dan 61 kasus sembuh, Sumatra Utara dengan 11 kasus baru dan 19 kasus sembuh, Kalimantan Barat tiga kasus baru dan 19 kasus sembuh, serta Sulawesi Barat 16 kasus baru dan 18 kasus sembuh.
 
Yuri menambahkan ada 18 provinsi dengan penambahan kasus di bawah 10 dan tujuh daerah yang nihil penambahan kasus. Yakni Aceh, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Riau, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Gorontalo.
 


(ADI)

Berita Terkait