Pesawat Tempur TNI Jatuh di Kampar, Timpa Rumah dan Kuburan

Pesawat TNI AU jatuh menimpa rumah dan perkuburan di Kabupaten Kampar yang berbatasan dengan Kota Pekanbaru.(Foto:ANTARA/HO-netizen) Pesawat TNI AU jatuh menimpa rumah dan perkuburan di Kabupaten Kampar yang berbatasan dengan Kota Pekanbaru.(Foto:ANTARA/HO-netizen)

RIAU:  Pesawat TNI Angkatan Udara (AU) jatuh di daerah pemukiman penduduk di Desa Kubang Jaya, Kampar, Riau, Senin pagi, 15 Juni 2020.  Tak ada korban jiwa dalam peristiwa kecelakaan ini.  

Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto  mengatakan pesawat yang jatuh itu berjenis BAe Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209 dengan  pilot  Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skuadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Pilot berhasil melontarkan diri dari pesawat sebelum jatuh dan meledak."Saat ini pilot sedang  berada di RSAU dr Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Kadispenau Marsma TNI Fajar Adriyanto di Jakarta, Senin, 15 Juni 2020.
 
Fajar menyampaikan kecelakaan terjadi pada pukul 08.30 WIB. Lokasi kecelakaan tidak jauh dari Lanud Roesmin Nurjadin. Tempat di 5 kilometer dari runway 36 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.  Sedangkan penyebab kecelakaan belum diketahui pasti karena masih dalam proses  investigasi. 


Jatuhnya pesawat ini sempat membuat warga panik. Sebab terdengar suara ledakan keras. Warga  hanya bisa melihat dari jarak 30 meter ke tempat kejadian jatuhnya pesawat. Warga juga melihat seorang berbaju seperti pilot TNI AU melayang di udara dengan parasut.

"Ada dua pecahan, menimpa pekuburan dan rumah warga. Saya waktu itu berada sekitar 500 meter dari lokasi kejadian, " kata saksi mata, Muhammad Al Kahfi, melalui sambungan video dalam Breaking News Metro TV, Senin, 15 Juni 2020.
 
 


(TOM)

Berita Terkait