Pemkab Trenggalek Gelar Kontes Durian, Cari Varietas Terbaik

Kontes Durian di Trenggalek/metrotv Kontes Durian di Trenggalek/metrotv

TRENGGALEK: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, Jawa Timur menggelar kontes durian, Minggu 25 Juni 2023. Kegiatan ini dilakukan untuk untuk mencari varietas durian lokal unggulan asli Trenggalek.  

Total, sebanyak 34 varietas durian lokal Trenggalek saling berkompetisi  memperebutkan predikat sebagai durian lokal unggulan. Kontes ini diikuti durian unggul dari Kecamatan Watulimo, Dongko, Pule dan sejumlah kecamatan lainnya.  

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Trenggalek,  Didik Susanto mengatakan, dalam kontes durian ini terdapat 12 kriteria penilaian.

"Mulai dari rasa, aroma hingga ketebalan daging, " ujarnya.

BACA: Lomba Nyete, Melukis Batang Rokok dengan Ampas Kopi

Kontes ini menjadi agenda tahunan sebagai ajang kompetisi durian lokal. Durian yang menjadi pemenang kontes akan menjadi buruan masyarakan dan masuk kategori durian lokal unggulan.  

"Selain untuk meningkatkan nilai ekonomi durian lokal,  kontes durian juga sekaligus untuk meningkatkan kualitas durian Trenggalek. Biasanya pemenang kontes akan dikembangkan oleh para petani, " ujarnya.   

Saat ini, Trenggalek merupakan salah satu daerah penghasilan durian terbesar di Indonesia. Tercatat, Trenggalek memiliki 650 hektare hutan durian.

 


(TOM)

Berita Terkait