Terkendala Medan, Evakuasi Bus Maut di Jurang Plaosan Terjunkan Alat Berat

Proses evakuasi bus yang masuk jurang di Magetan (Foto / Metro TV) Proses evakuasi bus yang masuk jurang di Magetan (Foto / Metro TV)

MAGETAN : Polisi mengerahkan satu unit alat berat untuk membuka jalur evakuasi bangkai bus pariwisata Semeru Putra Transindo yang terjun ke jurang di Plaosan, Magetan. Kondisi cukup sulit dengan banyaknya pepohonan dan permukaan tanah tidak merata.

Kondisi medan hanya mendukung jika membuka jalur evakuasi di samping wisata Lawu Green Forest (LGF). Jalur evakuasi tersebut tergolong landai dan sudah ada jalan yang dapat digunakan sebagai jalur evakuasi bus. Petugas perlu melakukan penebangan dua pohon.

"Saat ini jalan sudah dibuka dan masih memposisikan bodi bus agar bus bisa berdiri dari posisi terguling. Kemudian, ditarik untuk keluar dari jurang dengan memutari LGF," kata Kanit Gakkum Satlantas Polres Magetan, Iptu Agus Suparno.

baca juga : Viral Penghuni Ponpes di Zona Merah Semeru Ogah Dievakuasi, Polisi : Kami Paksa

Diketahui, sebuah bus pariwisata mengangkut 55 orang terjun ke jurang di pinggir jalan Raya Sarangan-Tawangmangu atau jalan tembus Cemoro Sewu-Sarangan tepatnya di atas Wisata Lawu Green Forest (LGF) Kelurahan Sarangan, Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Minggu 4 Desember 2022.

Bus bernopol H 1470 AG itu terjun ke jurang sedalam 30 meter usai menghantam guardrail atau pembatas jalan hingga rusak. Total ada 7 orang meninggal dunia termasuk sang pengemudi bus. Jenazah sudah dipulangkan ke Kota Semarang. Kemudian, 31 korban dinyatakan luka-luka.

 


(ADI)

Berita Terkait