Awas Longsor, Akses Mobil Giripurno-Tawang Argo Ditutup

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

BATU : Akses jalan provinsi yang menghubungkan antara Desa Giripurno, Kota Batu dengan Desa Tawang Argo, Kabupaten Malang, di Jawa Timur ditutup untuk mobil. Penutupan tersebut akibat longsor usai hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan tanah jenuh dan ambrol hingga menyebabkan pohon di pinggir jalan tumbang dan hampir separuh badan jalan longsor.

“Saat ini sementara jalan hanya boleh di lewati oleh kendaraan roda dua,” ujar Agung, Sabtu 26 November 2022.

Dia menuturkan, akibat tanah ambrol yang memakan hampir separuh badan jalan tersebut, petugas memutuskan mobil untuk sementara waktu tidak melintas pada wilayah tersebut. Kendaraan yang melintas di jalur itu hanya sepeda motor. Saat ini, kata dia petugas di lapangan telah memasang batas pengaman agar kendaraan roda dua yang melintas tidak terjatuh atau terperosok ke dalam jurang.

baca juga : 3 Kios Pasar Bandung Tulungagung Ludes Terbakar

Akses jalan yang banyak dilalui kendaraan berat tersebut saat ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda dua. Menurutnya, BPBD Kota Batu saat ini tengah melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar segera dilakukan upaya perbaikan jalan tersebut. Jalan itu, merupakan jalur provinsi yang menjadi salah satu akses menuju Kota Batu atau Kabupaten Malang dan dilalui kendaraan muatan berat.

“Kami koordinasi dengan pihak terkait, untuk segera dilakukan perbaikan jalan karena jalan tersebut merupakan jalan provinsi dan dilalui kendaraan besar atau muatan berat,” ucapnya.

Untuk penanganan awal longsor tersebut, sejumlah unsur yang terlibat di antaranya adalah BPBD Kota Batu, Polres Batu, Polsek Bumiaji, Perangkat Desa Giripurno, agen bencana Provinsi Jawa Timur, Tagana Kota Batu dan sejumlah unsur lainnya, demikian Agung Sedayu.


(ADI)

Berita Terkait