Libur Nataru, Wisatawan Gunung Bromo Dibatasi

Gunung Bromo/ist Gunung Bromo/ist

MALANG: Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) mengantisipasi peningkatan kunjungan wisatawan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Kasubbag Data, Evaluasi, Pelaporan dan Kehumasan BB-TNBTS, Sarif Hidayat, mengatakan pihaknya memberlakukan pembatasan kunjungan wisata pada pembukaan dan penutupan Wulan Kapitu (Megeng). Awal Wulan Kapitu, yakni pada Jumat 23 Desember 2022 mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan Sabtu 24 Desember 2022 pukul 18.00 WIB.

"Dan akhir Wulan Kapitu hari Sabtu tanggal 21 Januari 2023 mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan hari Minggu tanggal 22 Januari 2023 pukul 18.00 WIB," kata Sarif, Rabu, 21 Desember 2022.

BACA: Pemkot Mojokerto Bagikan 2.000 Set Top Box Gratis untuk Keluarga Miskin

Penutupan dilakukan untuk kendaraan bermotor di Kaldera Tengger TNBTS. Batas penutupan dari arah Pasuruan sampai dengan Pakis Bincil. Sedangkan, dari arah Malang dan Lumajang, sampai dengan Jemplang. Lalu dari arah Probolinggo, sampai dengan Cemorolawang.

"Pengecualian ketentuan tersebut untuk kondisi darurat atau emergency," imbuhnya.

Sarif menerangkan status aktivitas Gunung Bromo saat ini berada pada Level II atau Waspada. Sehingga pengunjung dilarang mendaki ke kawah Gunung Bromo. Untuk pembelian tiket kunjungan wisata secara online bisa melalui website bookingbromo.bromotenggersemeru.org. BB-TNBTS tidak memberlakukan pembayaran tiket secara tunai.

"Diberlakukan kuota yang tersedia di website, jika kuota habis wisatawan tidak dapat masuk ke kawasan atau kembali pulang," ujarnya.

Sarif mengimbau seluruh pengunjung atau wisatawan wajib memegang karcis masing-masing. Wisatawan juga diimbau mengutamakan keselamatan, membawa sampah kembali pulang keluar kawasan.

"Dilarang membawa narkoba, barang berbahaya lainnya seperti petasan, bahan peledak dan lain-lain. Mematuhi semua peraturan yang berlaku dalam kawasan konservasi. Diharapkan kunjungan wisatawan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pada Nataru 2022 dapat berjalan aman, lancar, dan nyaman," tegas dia.

 


(TOM)

Berita Terkait