Bank BRI Siapkan Rp2 Triliun Uang Baru untuk Lebaran

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI Regional Office Surabaya menyiapkan uang baru sebesar Rp2 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran. Sementara layanan penukaran untuk nasabah disiapkan di seluruh unit kerja BRI.

"Jika persediaan tidak ada, maka petugas BRI akan mencatat nama nasabah dan menghubungi nasabah tersebut setelah stok tersedia," kata RCEO BRI Regional Office Surabaya, Setiyarta, Selasa 21 Maret 2023.

Dia merinci, dari total uang baru Rp2 triliun yang disiapkan terdiri atas pecahan Rp100.000 sebanyak Rp1,4 triliun, pecahan Rp50.000 sebanyak Rp500 miliar, pecahan Rp20.000 sebesar Rp50 miliar. Kemudian pecahan Rp10.000 sebesar Rp60 miliar, pecahan Rp5.000 sebesar Rp50 miliar, pecahan Rp2.000 sebesar Rp15 miliar, pecahan Rp1.000 sebesar Rp5,1 miliar dan pecahan Rp500 sebesar Rp50 juta.

"Selama Ramadan dan Idul Fitri 2023 pelayanan uang baru akan dilayani setiap Selasa-Rabu-Kamis terhitung mulai tanggal 28 Maret 2023," katanya.

baca juga : Larangan Thrifting Bikin Penjual Was-Was, Wagub Jatim Siap Audiensi

Setiyarta menjelaskan, setiap Branch Office BRI di masing-masing kota/kabupaten juga melayani penukaran uang baru mulai Senin-Jumat selama Ramadan. Sedangkan untuk Kota Surabaya, masyarakat bisa menukar uang baru di lima kantor cabang, yakni BRI Cabang Rajawali, BRI Jemursari, BRI HR Muhammad, BRI Kaliasin dan BRI Perak.

"Total ada 16 branch office atau Kantor Cabang BRI di Jatim yang melayani penukaran uang baru," imbuhnya.

Dia memastikan akan terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Bank Indonesia (BI), perbankan dan retailer agar proyeksi kebutuhan uang kartal selama bulan Ramadan 2023 bisa semakin akurat, sehingga kebutuhan masyarakat terpenuhi dengan baik.

"BI mengimbau masyarakat melakukan penukaran ilegal di pinggir jalan yang potensi peredaran uang palsu," pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait