Datang di 5 Destinasi Wisata Ini Bikin Pasangan Ketar-Ketir, Ini Penyebabnya

Tanah Lot, Bali (Foto / Istimewa) Tanah Lot, Bali (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Ada banyak destinasi wisata eksotis dan menarik untuk dijelajahi. Selain memiliki keindahan, beberapa tempat wisata di Indonesia identik dengan mitos yang membuat siapa saja merinding. Salah satunya, tempat wisata yang membuat Anda cepat putus dengan pasangan jika dikunjungi bersama.

Berikut 5 destinasi wisata yang dipercaya bisa menyebabkan putus cinta yang dirangkum Clicks.id dari berbagai sumber, Selasa 2 Agustus 2022.

1. Candi Prambanan di Jawa Tengah

Pertama ada Candi Prambanan di Jawa Tengah. Konon, pasangan yang memasuki area candi ini akan putus cinta. Rumor ini berasal dari legenda yang cukup populer di masyarakat, yaitu Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Dalam kisah cinta tersebut, Bandung Bondowoso gagal mendapatkan cinta Roro Jonggrang karena gagal menyelesaikan pembuatan candi sebelum matahari terbit. Merasa sakit hati, Bandung Bondowoso pun mengutuk setiap wanita yang membantu Roro Jonggrang dalam menggagalkan rencana Bandung Bondowoso.

Oleh karena itu, semua pasangan yang memasuki area Candi Prambanan, selain area pelatarannya, konon akan segera putus cinta!

2. Jembatan Merah di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat

Kebun Raya Bogor memang menjadi salah satu tempat wisata ikonik di Bogor yang ramai dikunjungi wisatawan. Anda bisa melihat aneka ragam flora yang rindang dan ada beberapa yang nyaris punah. Namun selain ditumbuhi banyak flora yang unik, ada pula tempat unik di Kebun Raya Bogor, yakni Jembatan Merah.

Selain kerap disambangi untuk sekadar menyeberang atau berfoto, Jembatan Merah juga punya mitos yang beredar di masyarakat setempat. Kabarnya, jika ada sepasang kekasih yang lewat jembatan ini, hubungannya bisa kandas. Konon, rumor ini berasal dari kisah cinta seorang noni Belanda dan pria pribumi yang tidak direstui oleh orang tua. Alhasil, mereka berdua bunuh diri dengan terjun dari jembatan merah ini.

Baca juga : Jailangkung: Sandekala Rilis Cuplikan Perdana dengan Teror Mencekam

3. Tanah Lot, Bali

Berkunjung ke Bali, rasanya kurang afdol jika tak berlibur ke Tanah Lot yang terkenal dengan puranya. Namun, pasangan kekasih tidak dianjurkan datang ke tempat ini. Konon, tempat ini dapat membuat cinta mereka putus. Mitos ini muncul dari kepercayaan warga Bali, pantai di Tanah Lot dihuni oleh ular sakti. Ular sakti tersebut dipercaya akan mengutuk pasangan yang datang ke tempat ini dan membuat hubungan mereka kandas.

4. Tanjakan Cinta, Gunung Semeru

Tanjakan Cinta di Gunung Semeru menjadi salah satu tempat yang sangat populer di kalangan pendaki. Tanjakan Cinta ini berada di jalur pendakian menuju puncak Mahameru. Tanjakan ini memang tak terlalu terjal namun sangat panjang.

Konon, jika pendaki bisa melewati tanjakan ini tanpa istirahat dan tanpa menoleh sambil menyebut nama serta membayangkan pasangannya, maka permohonan cintanya akan terwujud dan abadi selamanya. Sebaliknya, mereka yang berhenti di tengah jalan dan menoleh ke belakang, maka kisah asmara mereka akan lekas kandas.

Legenda ini berawal dari kisah dua sejoli yang sudah bertunangan dan mendaki Gunung Semeru bersama. Ketika melewati jalur ini, sang lelaki sudah sampai di atas lebih dulu. Sementara sang wanita yang kelelahan akhirnya terjatuh dan meninggal dunia.

5. Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Tempat wisata di Indonesia dipercaya bisa bikin pasangan putus adalah Pantai Parangtritis. Selain melarang pengunjung memakai baju berwarna hijau, sepasang kekasih juga dilarang mengunjungi destinasi wisata ini. Sebagian masyarakat percaya sepasang kekasih yang mengunjungi daerah kekuasaan Nyi Roro Kidul itu akan segera kandas hubungannya. Mitos ini tak berhenti di Parangtritis saja, kabarnya di sepanjang pantai Laut Selatan juga demikian.


(ADI)

Berita Terkait