Ratusan Rumah di Gresik Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sejumlah bangunan rusak diterjang puting beliung di Gresik (Foto / Metro TV) Sejumlah bangunan rusak diterjang puting beliung di Gresik (Foto / Metro TV)

GRESIK :  Ratusan rumah di Kabupaten Gresik rusak parah diterjang angin puting beliung, Sabtu sore 7 Januari 2023. Ratusan rumah itu berada di dua kecamatan yakni Duduksampeyan dan Cerme. Kapolsek Cerme AKP Musihram menyebut ada 90 unit rumah warga Desa Wedani Kecamatan Cerme yang mengalami kerusakan.

“Sekolah MI dan TK di Wedani juga rusak, Balai Desa dan 12 unit pertokoan juga,” kata dia.

Selanjutnya, Desa Gedangkulut Cerme juga diterjang angin puting beliung, akibatnya 196 unit rumah warga rusak, mayoritas bagian atapnya yang mengalami kerusakan. “Karena bencana puting beliung kondisi aliran listrik juga padam, untuk kerugian material masih dalam pendataan oleh masing-masing Pemdes setempat,” imbuhnya.

Kades Wedani Hadi Sanjaya membenarkan peristiwa tersebut. Syukurnya, menurut Hadi tidak ada warga yang luka maupun jadi korban jiwa. “Alhamdulillah tidak ada (korban) mas,” kata Hadi.

baca juga : Semeru Muntahkan Lava Pijar 500 Meter, Masyarakat Diimbau Tak Beraktifitas di Jarak 17 Kilometer

Sementara itu, pada saat yang hampir bersamaan, di Kecamatan Duduksampeyan angin kencang melanda Desa Tebaloan pada Sabtu sore. Kapolsek Duduksampeyan AKP Bambang Angkasa mengatakan, angin ribut itu merusak SPBU Tebaloan dan tiga warung.

“Sebagian atap SPBU rusak, sementara satu warung rusak berat, dua lainnya rusak atapnya saja,” kata Bambang.

 


(ADI)

Berita Terkait