Jokowi Panen Raya di Ngawi, Soroti Harga Gabah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan panen raya padi di areal persawahan Desa Kartoharjo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur/ Antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan panen raya padi di areal persawahan Desa Kartoharjo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur/ Antara

NGAWI: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan panen raya padi di areal persawahan Desa Kartoharjo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Sabtu 11 Maret 2023.  

Jokowi mengatakan setiap daerah memiliki tingkat kesuburan dan manajemen sendiri, sehingga hasil panen yang didapatkan berbeda-beda.

Dia menceritakan pengalamannya meninjau panen raya di Kebumen beberapa waktu lalu. Dia menjelaskan produktivitas di lokasi panen raya Kebumen hanya 5,5-6 ton per hektare, sedangkan di Ngawi bisa mencapai 8-10,5 ton per hektare.

 "Saya kira memang setiap daerah memiliki kesuburan yang berbeda-beda. Memiliki manajemen yang berbeda-beda mengenai pengairan dan lain-lain sehingga ini baik bagi petani," ujar Presiden Jokowi.

BACA:

Namun, lanjut dia, terpenting harga gabah tidak jatuh di saat panen raya. Pemerintah melalui Badan Pangan sedang menghitung ulang harga pembelian pemerintah (HPP) terbaru untuk gabah dan beras dengan memperhitungkan sewa lahan, pembelian pupuk, bibit, serta operasional lainnya agar petani tetap mendapatkan untung.

"Memang harga gabah harus segera ditentukan jangan sampai harganya jatuh karena ini panen raya di mana-mana. Ini nanti segera diumumkan oleh Badan Pangan sehingga pembelian Bulog menjadi jelas," katanya.

Selain itu, kata Presiden, HPP gabah dan beras terbaru akan mempertimbangkan harga jual di tingkat pedagang, serta harga beli di tingkat konsumen agar semua dalam posisi wajar.

"Yang sulit pemerintah itu menyeimbangkan harga di petani wajar, harga di pedagang wajar, dan harga di konsumen juga wajar. Mencari kesimbangan itu yang tidak gampang," tegas dia.

Oleh karena itu, dia meminta HPP yang ditetapkan nanti dipastikan tidak di bawah biaya pengeluaran atau operasional yang dikeluarkan para petani.

 


(TOM)

Berita Terkait